PENINGKATAN KEMAMPUAN KARYAWAN DALAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH PADA ERA PANDEMI DI KANTOR DESA ADAT BERINGKIT, KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Kartika Suri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Bank Sampah, Buku Kas Digital, Media Sosial, Buku Administrasi

Abstrak

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat Pengepul sampah.  Bank Sampah Merupakan salah satu strategi penanganan masalah lingkungan dengan prinsip 3R Reduce, Reuse, dan Recycle yaitu melalui Pembatasan timbunan sampah, Mendaur ulang, dan memanfaatkan kembali sampah – sampah yang dapat memberikan nilai ekonomis pada barang – barang tersebut. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Program pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan, yaitu memberikan Edukasi tentang cara mengelola bank sampah khususnya dalam memilah sampah yang benar agar memiliki nilai ekonomis dan lebih berguna untuk lingkungan dan melakukan sosialisasi tentang cara memilah sampah yang benar di social media, mengadakan pelatihan pencatatan buku admnistrasi kepada pegawai pada Microsoft excel terkait pengelolaan bank sampah,memberikan pelatiahn tentang pencatatan buku kas pengelolaan sampah melalui buku kas digital.

Referensi

Agustin, H., Setiawan, R., & Puspitasari, A. K. (2020). Pengembangan Bank Sampah Terkomputerisasi di Desa Cibitung Wetan, Bogor. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 140-153.

Cahyono, B. D., & Budi, K. S. (2021). Pelatihan Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah di Desa Madyopuro Malang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 401-406.

Gomes, Faustino Cardoso 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusminah, I. L. (2018). Penyuluhan 4r (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dan kegunaan bank sampah sebagai langkah menciptakan lingkungan yang bersih dan ekonomis di Desa Mojowuku Kab. Gresik. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01).

Mokhtar, N. R., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi (penelitian tentang pelatihan pada calon tenaga kerja indonesia di PT Tritama Bina Karya Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Mubaroq, H., & Kurdianingtiyas, A. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH BINOR LESTARI DI DESA BINOR KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO. Abdimas Galuh, 4(1), 41-50.

Mulyadi, M., Wahyudi, R., & Putri, I. S. (2020). Peran Bank Sampah dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Ibu-Ibu Rumah Tangga. WASANA NYATA, 4(2), 145-153.

Puspitawati, N. M. D. (2020). Pengaruh Rekrutmen, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Mercure Bali Harvestland Kuta–Badung. Juima: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2).

Sasmita, K. (2018). Pelatihan Pengolahan Sampah dalam Meningkatkatkan Life Skill pada Komunitas Pedagang Rujak Buah di Klender Jakarta Timur. Parameter, 30(2), 59-75.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Puspitawati, N. M. D. ., & Suri, G. A. K. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN KARYAWAN DALAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH PADA ERA PANDEMI DI KANTOR DESA ADAT BERINGKIT, KABUPATEN BADUNG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 864–868. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5822