UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN DI BCR CONSULTING MELALUI KONSULTASI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • I Wayan Sukadana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Galang Ngurah Landep Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Konsultasi Daring, Pendapatan

Abstrak

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada perekonomian di Indonesia. Provinsi Bali merukapan salah satu provinsi yang dampak dari Covid-19 sangat terasa. Akibat dari pandemi COVID-19 ini pemerintah di Bali memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), demgn diberlakukannya PPKM sangat berdampak pada kegiatan konsultasi, yang dimana kegiatan konsultasi tersebut dilakukan dengan cara bertemu langsung atau tatap muka langsung antara pelanggan dengan pegawai. Hal tersebut juga berdampak pada menurunnya kualitas pelayanan di BCR Consulting yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa yaitu konsultan manajemen dan perpajakan, tentu saja penurunan kualitas pelayanan berdampak pada penurunan pendapatan yang diperoleh oleh BCR Consulting. Melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilaksanakan pada kantor BCR Consulting pendapatan yang diperoleh oleh BCR Consulting berhasil ditingkatkan. Dan diharapkan apa yang diterapkan dapat menjadi jawaban untuk permasalahan dibidang pendapatan dimasa Covid-19 ini.

Referensi

Deana Amanda S P., 2022. Laporan Individu KKN Alternatif, PT Indonesian Paradise Island Kuta, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

LPPM, 2022. Buku Pnduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar: LPPM Unmas Denpasar. Peduli Pandemi Covid-19 Periode I Tahun 2022.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemberlakuan_pembatasan_kegiatan_masyarakat_di_Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Sukadana, I. W. ., & Landep, I. B. G. N. . (2023). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN DI BCR CONSULTING MELALUI KONSULTASI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 840–845. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5817