PENGOPTIMALAN PROMOSI AYAM TERNAK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL PADA UD TERNAK RATINI DESA KELUSA PAYANGAN

Penulis

  • Made Edy Septian Santosa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Putu Gede Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Promosi Produk, UMKM, Media Sosial

Abstrak

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menunjukkan angka yang sangat signifikan, 99,98% pelaku usaha para pengusaha. Selama masa pandemi Covid-19 usaha di Indonesia mengalami penurunan omzet. Salah satunya ialah UD Ternak Ratini yang terletak di Desa Kelusa. UD Ternak ratini merupakna usaha perternakan ayam. Menurunnya pemilik diakibatkan oleh menurunnya minat masyarakat terhadap konsumsi ayam karena konsumen menganggap ayam terlalu mahal. Selai itu, dibatasinya kegiatan berjualan membuat UD Ternak Ratini sepi pelanggan. Tujuan utama pengoptimalan promosi produk dengan menggunakan media sosial pada UD Ternak Ratini ialah untuk membantu mempertahankan usaha ini di masa pandemi. Kegiatan ini lebih mentarget untuk UD Ternak Ratini bisa memanfaatkan media sosial yang telah dimiliki dengan maksimal dan meningkatkan promosi agar lebih menarik, kreatif, dan modern. Beberapa solusis yang diberikan dalam memecahkan masalah ini ialah memberitahu bahwa alat dan sarana promosi produk di sosial media itu sangat banyak. Seperti promosi dengan cara memposting, edit foto, dan video produk yang akan di pasarkan.

Referensi

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43.

Cendana, M. (2019). PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PROMOSI BAGI KEBERLANGSUNGAN BISNIS UMKM. Journal Community Development and Society, 1(1).

Pasaribu, R. 2020. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 01 (01), 33 -44.

Betty Silfia Ayu Utami. (2021). Jurnal Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. (Di akses Bulan Maret 2022)

D.Purwana, R. Rahmi, S.Aditya. 2017. kuPemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Vol 1. No 1. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Ihsan Lubis, Herlina Andriani Simamora, 2019. Aplikasi Edit Foto Background Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering. Journal of Information Systems 3 (1).

Yoga Prisma Yuda, Septyana Luckyta Sari, 2021. CARA CEPAT FOTO & VIDEO PRODUK MENGGUNAKAN HANDPHONE. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Santosa, M. E. S. ., & Putra, I. G. N. P. G. . (2023). PENGOPTIMALAN PROMOSI AYAM TERNAK DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL PADA UD TERNAK RATINI DESA KELUSA PAYANGAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 822–827. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5812