OPTIMALISASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PENJUALAN PADA TENTEN MART DESA ADAT GUWANG DI MASA PANDEMI

Penulis

  • Sagung Oka Pradnyawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Ade Gunawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Optimalisasi, Peningkatan penjualan, Pandemi

Abstrak

Kasus positif Covid-19 semakin bertambah seiring berjalannya waktu, seperti halnya di Indonesia. Bila pandemi Covid-19 ini berkepanjangan, disinyalir semua sektor akan terus terdampak. Seperti di antaranya sector kesehatan dan sector perekonomian. Semua orang memiliki kewajiban untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan orang lain, dengan cara meningkatkan protokol Kesehatan dengan cara menjaga kesehatan fisik dan juga dampak pada sektor perekonomian sangat dapat terlihat jelas, salah satunya adalah menurunnya omset penjualan dan kunjungan konsumen di Tentenmart desa adat Guwang.Tenten mart Guwang merupakan salah satu Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) yang dikelola langsung oleh desa.Tentenmart guwang perlu adaptasi atas kondisi yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun yang melanda Bali, Indonesia. Untuk melawan dan mengatasi kondisi tersebut,Tentenmart Guwang menerapkan beberapa strategi untuk tetap bertahan di masa Pandemi covid-19 ini.Strategi yang pertama  adalah menerapkan protokol kesehatan. Pemakaian masker pada stiap staff  maupun konsumen wajib dilakukan.Penggunaan hand sanitizer juga perlu dilakukan sebagai protokol kesehatan.Dan selalu Menjaga kebersihan Toko.Strategi yang kedua adalah melakukan Promosi dengan metode word of mouth, memanfaatkan media sosial,dan membuat Promo-promo setiap minggunya agar menarik minat konsumen untuk berbelanja.

Referensi

https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/download/772/777

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/strategi-pemasaran-word-of-mouth/

Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Pedulu Pandemi Covid-19 Universitas Mahasaraswati. Pusat Pengabdian Masyarakat dan Pengelolaan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Pradnyawati, S. O. ., & Gunawan, I. K. A. . (2023). OPTIMALISASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PENJUALAN PADA TENTEN MART DESA ADAT GUWANG DI MASA PANDEMI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 814–821. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5811