PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENCATATAN BARANG EXPIRED DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Penulis

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Putu Sintia Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Barang Expired, Efektifitas Pencatatan, Microsoft Excel

Abstrak

Salah satu UMKM yang tumbuh diantara banyaknya UMKM yaitu Toko Bagus Anugerah. Toko Bagus Anugerah merupakan minimarket yang menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat. Banyaknya barang yang tersedia dan kurangnya pencatatan terhadap barang-barang yang ada di toko menyebabkan banyaknya barang-barang yang sudah expired yang masih terpajang di toko, sehingga mengakibatkan banyaknya komplain yang diterima dari konsumen dan lewatnya masa expired barang yang terlalu jauh sehingga suplier sering menolak untuk melakukan proses pereturan barang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang dapat diberikan yaitu memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan penggunaan microsoft excel dalam pencatatan tanggal expired barang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu adanya peningkatan kemampuan karyawan Toko Bagus Anugerah dalam pencatatan tanggal expired barang dengan menggunakan microsoft excel, sehingga membuat karyawan dapat bekerja lebih efektif dan tidak banyak memerlukan waktu dalam pencatatan tanggal expired barang. Selain itu, dengan adanya kegiatan pengabdian ini juga dapat memberikan pembaharuan terhadap sistem pencatatan barang yang akan expired menjadi lebih sistematis.

Referensi

Andika, H., & Hati, S. W. (2018). Analisis perbandingan kepuasan pelanggan antara minimarket indomaret dengan alfamart di kota batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 6(2), 119-134.

Kontan.co.id. 2014. Sudah ada 23.000 unit pasar modern di Indonesia!. Diakses melalui https://industri.kontan.co.id/news/sudah-ada-23000-unit-pasar-modern-di-indonesia

Massa, L. E., Tumbel, A. L., & Jorie, R. J. (2022). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dan Alfamart Di Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 49-58.

Negara, I. S. M., Purwono, P., & Ashari, I. A. (2021). Analisa Cluster Data Transaksi Penjualan Minimarket Selama Pandemi Covid-19 dengan Algoritma K-means. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 6(3), 153-160.

Pratama, F. A. (2018). Sistem Informasi Akuntansi Persediaan

Bahan Baku menggunakan Metode First Expired First Out. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2(2), 38-49.

Putra, I. G. C., & Pratama, I. W. A. (2022). Strategi Peningkatan Efektivitas Produksi Dan Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Inti Bali Glass Di Desa Belega Kabupaten Gianyar. Jurnal Dharma Jnana, 2(1), 11-20.

Saputra, Y., Rosihan, R. I., Spalanzani, W., Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022). Analisis perilaku konsumen dalam memutuskan minimarket sebagai tempat berbelanja. Jurnal Rekavasi, 10(1), 45-55.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Yuliastuti, I. A. N., & Putri, I. G. A. P. S. (2023). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENCATATAN BARANG EXPIRED DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 747–755. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5771