PEMANFAATAN MEDIA PROMOSI BERBASIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA MEMPERLUAS JANGKAUAN NASABAH PADA KOPERASI MAPAN DI ERA COVID-19
Kata Kunci:
Pemanfaatan, Promosi, KoperasiAbstrak
Dalam penyelenggaraan kegiatan usahanya, setiap perusahaan tidak akan terlepas dari promosi. Promosi dilakukan oleh perusahaan agar usahanya lebih dikenal oleh masayarakat luas, hal tersebut akan membantu perusahaan untuk meningkatkan laba. Begitu pula dengan Koperasi Mapan, dalam aktivitas menjangkau nasabah Koperasi Mapan sangat memeperhatikan media promosi yang digunakan untuk mempromosikan segala bentuk kegiatan. Hal tersebut dilakukan untuk menjangkau nasabah lebih luas melalui media sosial. Namun, pada penerapan Koperasi Mapan belum optimal dalam memanfaatkan social media untuk melakakan promosi. Hal tersebut menjadi kendala untuk mendapatkan nasabah lebih luas dan tidak optimal dalam memperkenalkan lebih jauh Koperasi Mapan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk membantu mempromosikan Koperasi Mapan di berbagai media sosial, dengan program kerja seperti memberikan pengenalan dan pengarahan kepada karyawan dan karyawati dalam penggunaan media promosi berbasis digital, memberikan pelatihan penggunaan media promosi berbasis digital dengan menggunakan media sosisal seperti, facebook dan instragam serta melakukan pendampingan penggunaan pembuatan iklan promosi produk melalui media social facebook dan instragam. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, Koperasi Mapan dapat mendapatkan nasabah dari berbagai daerah dan usahanya dapat dikenal oleh masyarakat luas
Referensi
Adityatama, Romadhona dan Rohwiyati, Rohwiyati. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Pondok Pesantren Baitul Muamalat Al Hikmah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora dengan Kepuasan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, Vol. 19(4), pp. 269-278.
Diah, Melati Sofi. 2020. Analisis Struktur Modal Terhadap Profitabilitas pada Koperasi Agribisnis Dana Mulya Pacet. Thesis. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Enny, R., Muhammad, N. B., Sutrisno, S., Nurlaela, N., & Muhammad, A. A. (2021). Distorsi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Majene.
Sujarwo, S., & Listiawati, R. (2018). Pengembangan bisnis koperasi kampus (era milenial dan revolusi industri ke-4.0). Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).
Salamah, A. (2020). Analisis Sistem Koppontren Mahada Kudus Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Dan Masyarakat (Telaah Pemikiran Ekonomi Bung Hatta Dan Ekonomi Syariah) (Doctoral dissertation, Iain Kudus).