PERAN MEDIA SOSIAL DAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Pada Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi)

Penulis

  • I Putu Edy Arizona Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Lanang Aryantara Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

COVID-19, Sosial Media, Aplikasi Penjualan Online

Abstrak

Pandemi merupakan peristiwa yang disebabkan oleh penyebaran virus secara serempak. Pandemi ini sangat berdampak pada seluruh aspek, terutama pada aspek perekonomian global. Banyak perusahaan di dunia harus menutup bisnis mereka karena diterapkannya lockdown. Permasalahan yang terjadi di Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi, pada masa pandemi COVID-19, yaitu menurunnya tingkat penjualan. Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi adalah unit usaha yang bergerak dibidang makanan. Berdasarkan hasil observasi dan kondisi permasalahan di Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi, maka program pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan, yaitu meningkatkan penjualan Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi melalui peran media sosial dan aplikasi penjualan online. Dengan cara memberikan Metode penyuluhan, metode ini merupakan metode yang digunakan untuk memberikan penyuluhan kepada Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi mengenai upaya promosi dan meningkatkan penjualan pada pandemi Covid-19. Metode Praktik, Metode praktik merupakan metode yang digunakan untuk pembuatan media sosial dan pendaftaran aplikasi penjualan online Grab food.

Referensi

Ekasari, N. (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosia Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT. BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 2014. 81-102.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi 2015. 77-84.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119-129.

Kementrian Kesehatan. (2020). Virus COVID-19. Diakses 20 September 2020, dari

https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Arizona, I. P. E. ., & Aryantara, I. G. A. L. . (2023). PERAN MEDIA SOSIAL DAN APLIKASI PENJUALAN ONLINE SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Pada Rumah Makan Sate Ikan Laut Segara Nadhi). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 694–698. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5759