PEMBERDAYAAN USAHA BENGKEL DAN SPAREPART MOTOR MELALUI 2 METODE “PROMOSI MEDIA CETAK DAN MEDIA ONLINE” DAN PENERAPAN HIDUP SEHAT DAN BERSIH DI HONDA SIULAN MOTOR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
Servis, Sparepart, Covid-19Abstrak
Program kuliah kerja nyata (KKN) merupakan salah satu program Universitas Mahasaraswati sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa terhadap perusahaan. Kegiatan KKN ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapanggan kepada mahasiswa tentang kondisi perusahaan secara langsung dan juga untuk membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab mahasiswa selama melaksankan kegiatan KKN. Salah satu perusahaan yang menjadi lokasi tempat KKN penulis yaitu Honda Siulan Motor beralamat di Jl. Raya Celuk, Sukawati, Gianyar. Jasa yang diberikan oleh Honda Siulan Motor diantaranya Jasa Servis dan Penjualan Sparepart. Pelaksanaan program KKN ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan dan lebih dapat mengoptimalkan pelayanan dengan baik. Karena pada masa pandemic Covid-19 ini tidak hanya menyerang manusia tetapi juga menyerang sector perekonomian di dunia, tidak terkecuali Indonesia, dengan segala permasalahan yang timpbul akibat efek berantai yang diakibatkannya. Hampir 50% penurunan pendapatan Honda Siulan Motor karena adanya wabah Covid-19. Servis motor maupun pembelian sparepart menjadi berkurang karena banyak orang yang bekerja dari rumah dan adanya sekolah online, sehingga aktivitas bermotor jadi berkurang. Hal ini diperlukan adanya promosi dan penerapan protokol kesehatan.
Referensi
LPPM. 2021. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid 19. Universitas Mahasaraswati Denpasar.