STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM LOLOH CEMCEM IBU KUNIL DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PENGLIPURAN BANGLI

Penulis

  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nengah Tri Oktafia Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM Loloh Cemcem Ibu Kunil, Pemasaran Media Digital, Inovasi Kemasan, Pembukuan Sederhana

Abstrak

Pandemi covid-19 yang hingga saat ini masih melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk di daerah Bali sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan perekonomian, dampak paling nyata dari pandemi adalah meningkatnya pengangguran dan menurunnya pendapatan tiap daerah. Tidak hanya pada perusahaan-perusahaan besar dampak pandemi sangat berpengaruh terhadap perkembangan UMKM di Indonesia. Salah satu UMKM yang terdampak yakni UMKM yang memproduksi minuman tradisional yaitu UMKM Loloh Cemcem di Desa Penglipuran Bangli. Program kerja yang diajukan yakni pengenalan media sosial sebagai media pemasaran produk dengan membuat instagram, facebook dan shopee. Program yang kedua yakni inovasi desain kemasan dan pelabelan produk dengan menggunakan media digital, dan program kerja yang ketiga yakni mengenai pembukuan secara digital dengan menggunakan aplikasi “Buku Kas”. Program kerja yang disusun sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh mitra usaha UMKM Loloh Cemcem Ibu Kunil, dimana permasalahan utama yang dihadapi yakni menurunnya menurunnya daya beli konsumen. Permasalahan lainnya yakni perlu adanya inovasi kemasan produk untuk menambah nilai estetika  dan belum adanya pembukuan yang terstruktur pada pengelolaan usahanya. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan memanfaatkan peran media sosial seperti instagram, facebook, dan shopee sebagai media pemasaran produk. Solusi kedua yakni melakukan inovasi kemasan produk dengan menggunakan media digital. Solusi selanjutnya yakni dengan memberikan penjelasan terkait cara penggunaan aplikasi Buku Kas untuk mempermudah melakukan pembukuan dengan menggunakan smartphone. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan metode pendekatan secara langsung dan diskusi bersama mengenai program kerja yang diajukan untuk menangani permasalahan pada usaha mitra UMKM Loloh Cemcem Ibu Kunil dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Referensi

Esti Handayani, A., & Aulia, Y. (2020). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS USAHA KECIL PEMBUATAN TEMPE DI DESA MANGLIAWAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG.

Ihza, K. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)(Studi Kasus Umkm Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1325-1330.

Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 662-669.

Pramana, D., Yuniastari, N. L. A. K., & Wiyati, R. K. (2016). Ibm Loloh Daun Cemcem. Stimik Stikom Bali, 7(86).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Endiana, I. D. M. ., & Oktafia, N. N. T. . (2023). STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM LOLOH CEMCEM IBU KUNIL DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PENGLIPURAN BANGLI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 650–656. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5743