STRATEGI PENINGKATAN ONLINE MARKETING, PENCATATAN LAPORAN PENJUALAN DAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA COFFE SHOP “SENJADIBALI”

Penulis

  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Ayu Pradnya Pramestya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Marketplace, Pendapatan, Protokol Kesehatan, Covid-19

Abstrak

Senjadibali merupakan salah satu perusahaan yang terletak di daerah Sanur tepatnya di Jalan Baypass Ngurah Rai No 385, Denpasar Selatan yang bergerak di bidang Food and Beverage.Coffe shop senjadibali adalah rintisan usaha dari Pt Pibali Gemilang Lestari atau bisa dikenal dengan toko oleh-oleh Pie Susu Asli Enaak. Senjadibali berdiri pada tanggal 27 juli tahun 2018. Bedasarkan observasi yang dilakukan, Senjadibali kurang adanya penerapan mengenai protokol kesehatan,pencatatan laporan yag masih mencatat secara manual  dan menurunnya pendapatan akibat Covid 19 yang mempengaruhi hasil laba secara drastis. Melihat kondisi ini dalam kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu. Membuat marketplace di Gojek dengan maksud dan tujuan untuk mempermudah para pelanggan untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah serta membuat akun sosial media instagram dan bekerjasama dengan influencer guna memperluas promosi agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat dan membuat poster mengenai protokol kesehatan diharapkan dapat mengingatkan para pelanggan yang datang ke coffe shop untuk tetap mematuhi aturan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid 19.

Referensi

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.

Fakhira, N. V., Kastaman, R., & Pujianto, T. (2022). Peran Influencer Pada Media Sosial Instagram Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Frutivez Role Of Influencer On Social Media Instagram And Brand Image On Buying Decisions. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1220-1238.

Hidayat, M. A. (2020). Desain Iklan Pada Marketplace Untuk Menarik Minat Konsumen (Studi Iklan Online Shop Shopee) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Mendra, N. P. Y., & Putri, D. A. P. P. (2023). STRATEGI PENINGKATAN ONLINE MARKETING, PENCATATAN LAPORAN PENJUALAN DAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA COFFE SHOP “SENJADIBALI” . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 625–630. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5742