PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUKUAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM HAPSHOP_BALI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • I Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Galuh Arya Anisca Utamidewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM Hapshop Bali, Pembukuan Sederhana, Pemasaran Aplikasi Shopee

Abstrak

Pandemi global Covid-19 yang mewabah disemua negara dunia telah banyak mempengaruhi semua sektor kehidupan masyarakat. Pandemi Covid-19 telah membuat terjadinya pelambatan sektor ekonomi di Indonesia dengan berbagai turunannya. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan bagian terpenting dari sektor ekonomi sangat merasakan dampaknya. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada mitra UMKM Hapshop_Bali yang berlokasi di Jalan Pasekan No. 112x, Desa Batubulan Kangin, Sukawati, Gianyar, UMKM ini berdiri sejak tahun 2016. Semenjak adanya pandemi Covid-19 adanya permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Hapshop_Bali seperti kurangnya pemahaman akan manfaat pembukuan pada usaha bisnis serta menurunnya pendapatan penjualan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini melaksanakan program kerja yaitu peningkatan kemampuan pembukuan sederhana  serta peningkatan dan perluasan pemasaran melalui aplikasi shopee agar tingkat area jangkauan pemasaran produk lebih luas.

Referensi

LPPM. 2021. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Universitas Maharaswati Denpasar. Denpasar.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Alinsari, N. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada umkm melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256-268.

Machfuzhoh, A., & Widyaningsih, I. U. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2).

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 50-70.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Mahaputra, I. N. K. A., & Utamidewi, G. A. A. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUKUAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM HAPSHOP_BALI PADA MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 614–618. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5708