PEMBUATAN SOP PELAYANAN DAN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN YANG BERKUALITAS PADA NGOCOK ES KOPI BATUBULAN
Kata Kunci:
SOP, Covid-19Abstrak
Ngocok Es Kopi merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang perdagangan, khususnya brand yang menjual minuman yang berbahan dasar kopi dan ada beberapa jenis minuman lainnya. Pada Ngocok Es Kopi terdapat permasalah dibidang sumber daya manusia (SDM) dimana pada saat ini mitra belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelayanan dan produksi. Hal ini mengakibatkan karyawan tidak memiliki pedoman yang jelas sehingga keefektifan kerja menjadi menurun dan juga mengakibatkan karyawan tidak bisa mengontrol kualitas produk. Hal tersebut mengakibatkan para konsumen kurang puas dengan produk mitra, karena rasa produk mitra tidak stabil. Selain Permasalahan pada SOP Perusahaan, terdapat Pandemi Covid-19 yang berdampak sangat signifikan di Indonesia dan sampai saat ini masih berjuang menghadapi wabah global ini. Hampir seluruh sector terdampak pandemi Covid-19 yaitu mulai dari kesehatan, sosial dan ekonomi. Selama melakukan observasi secara langsung ke Ngocok Es Kopi ditemukan permasalahan dibidang kesehatan bahwa belum adanya media tentang protokol kesehatan seperti pamflet cara mencuci, handsanitezer, dan disinfektan. Hal ini menyebabkan penerapan protokol kesehatan dilingkungan Ngocok Es Kopi belum maksimal.