STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN KSP DUIT KITA MANDIRI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Gregorius Paulus Tahu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Astiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran Produk, Pendapatan, Covid-19

Abstrak

Pemasaran produk tabungan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh koperasi maupun bank untuk mempromosikan produk tabungan yang dimiliki. Produk tabungan harus dipasarkan supaya anggota maupun calon anggota mengetahui manfaat yang akan diperoleh jika mereka menabungkan sejumlah uangnya kepada lembaga keuangan. Pemasaran produk tabungan dilakukan untuk mencapai salah satu tujuan dari lembaga keuangan yakni memperoleh pendapatan atau laba. Pandemi covid-19 mengakibatkan masyarakat mengalami kehilangan pekerjaannya sehingga masyarakat mengalami penurunan pendapatan, hal tersebut berdampak ke masyarakat tidak dapat menabungkan sebagian uangnya. Salah satu sektor koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) di Kabupaten Gianyar yang berdampak yakni Koperasi Simpan Pinjam Duit Kita Mandiri. Penurunan pendapatan tabungan yang dialami mitra dikarenakan pada masa pandemi covid-19 ini karena banyaknya anggota mitra yang kehilangan pendapatnnya disisi lain mitra kurang gencarnya dalam melakukan kegiatan pemasaran akan produk yang dimiliki mitra. Dengan dilakukannya kegiatan pengabdian, mahasiswa dapat memberikan solusi untuk meningkatkan pendapatan tabungan dengan melakukan memberikan penyuluhan serta membuatkan desain produkproduk tabungan yang dimiliki guna memasarkan produk-produk tabungan melalui platform media social, membuatkan dan mendampingkan dalam membagikan selebaran brosur guna memasarkan produk-produk tabungan yang dimiliki mitra serta membagikan souvenir berupa masker dan handsanitaizer bagi anggota baru yang mau menabungkan uangnya di KSP Duit Kita Mandiri. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mitra di dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Tahu, G. P. ., & Ni Kadek Astiani. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN KSP DUIT KITA MANDIRI PADA MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 436–441. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3916