UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA TOKO PUTRA ADITYA DI DENPASAR

Penulis

  • Pande Ketut Ribek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Angga Wiguna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Tenaga Kerja

Abstrak

UMKM adalah sebuah bisnis yang dioperasikan oleh pelaku usaha secara individu, rumah tangga, ataupun badan usaha berskala kecil salah satunya adalah Toko Putra Aditya. Toko Putra Aditya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang penjualan retail. Toko Putra Aditya memiliki beberapa permasalahan yaitu kurangnya pelayanan yang diberikan terhadap konsumen sehingga para pelanggan kurang mendapat pelayanan dan berbagai informasi meganai produk yang dijual. Kemudian masalah selanjutnya adalah kurangnya pegawai yang dibutuhkan di bagian driver dan helper untuk pengiriman barang. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan maka perlu dilaksanakan penyuluhan bagaimana cara melayani para pelanggan yang baik sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing dengan tambahan kenyamanan dalam era pandemic Covid-19 ini. Selain itu juga, diperlukan tambahan sumber daya manusia untuk dibidang pengiriman logistik yang berupa driver beserta helper agar pengiriman barang dagang menjadi lebih maksimal dan efektif namun tetap ekonomis. Perekrutan tenaga kerja ini dimaksudkan pula untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Ribek, P. K. ., & I Kadek Angga Wiguna. (2022). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA TOKO PUTRA ADITYA DI DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 398–406. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3909