STRATEGI LAYANAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA KOPERASI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH (PD) PASAR KOTA DENPASAR

Penulis

  • I Nengah Suardhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • A. A. Putu Dyah Damayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Simpan Pinjam, Personal Selling, Motivasi

Abstrak

Kemandirian koperasi diharapkan agar koperasi menjadi usaha yang mampu berdiri sendiri, menjalankan kegiatan usahanya secara mandiri, mampu memperoleh keuntungan sehingga dapat menjaga kelangsungan usahanya dan meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi. Di Indonesia terdapat beberapa jenis koperasi, salah satunya adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi Pegawai PD. Pasar Kota Denpasar merupakan salah satu koperasi simpan pinjam. Koperasi ini pada kepengurusan sebelumnya sempat mengalami pemutihan yang mengakibatkan kepercayaan anggota terus menurun, ditambah lagi di masa pandemi covid19, anggota enggan memasukkan uang lebih ke dalam koperasi. Metode pelaksanaannya adalah wawancara, observasi, penyusunan dan pelaksanaan program serta dokumentasi. Menurunnya transaksi simpan pinjam juga disebabkan oleh kurang menariknya programprogram yang ditawarkan koperasi dan minimnya pelayanan kepada anggotanya. Dari permasalahan yang dihadapi, dibuat program baru yang lebih menarik agar anggota kembali tertarik untuk melakukan simpan pinjam serta melakukan strategi penjemputan bagi anggota yang berada di masing-masing unit pasar Perumda Pasar Sewakadarma sehingga dapat meningkatkan citra Perumda Pasar Sewakadarma. Koperasi Pegawai PD. Pasar Kota Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Suardhika, I. N. ., & A. A. Putu Dyah Damayanti. (2022). STRATEGI LAYANAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA KOPERASI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH (PD) PASAR KOTA DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 382–388. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3906