STRATEGI PEMASARAN JAMU DI TOKO KEMBAR BUNCING & MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA TANAMAN (TOGA) DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • I Nengah Sudja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Kanaya Rarasati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid-19, Toga, Sosial Media, Strategi pemasaran

Abstrak

Covid-19 merupakan sebuah virus yang mudah menyebar di kalangan masyarakat. Virus ini pertama kali muncul sejak tahun 2019 yang berawal di kota Wuhan, Cina. Pandemi covid19 telah memberikan dampak yang cukup signifikan dan menyeluruh di semua kalangan masyarakat, dan termasuk pada masyarakat sasaran yang berada di berbagai daerah. adapun beberapa permasalahan yang secara spesifik terjadi pada masyarakat sasaran akibat covid19 ini yaitu permasalahan dalam bidang kesehatan dan ekonomi. Solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah kesehatan dan perekonomian yaitu dengan memanfaatkan lahan kosong untuk penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) disekitar rumah seperti : kunyit,jahe lengkuas , Tanaman Toga Sangatlah bermanfaat untuk obat pertama keluarga selain bisa di olah menjadi ramuan herbal seperti jamu di pasarkan secara langsung ataupun menggunakan media online dan disini saya akan menggunakan cara mempromosikan umkm jamu herbal menggunakan aplikasi online seperti shopee dan media sosial seperti instagram. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pendapatan masyarakat dimasa pandemi covid19 sekaligus tanaman Toga ini bisa menjadi obat yang lebih murah dan efek samping yang lebih ringan ,kegiatan ini juga bertujuan agar wawasan dan kecintaan masyarakat desa terhadap tanaman obat keluarga lebih tinggi.Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan praktik atau demonstrasi.Sehingga masyarakat dapat mempraktikkan secara langsung dan menerapkan dalam rumah tangga. Dalam pelaksanaannya disampaikan bagaimana cara pengolahan tanaman TOGA sehingga menjadi minuman immunostimulan yang menyehatkan dan mengetahui bagaimana cara menanamnya. Disamping itu juga bagaimana strategi pemasaran yang baik kepada masyarakat atau konsumen yang membutuhkan sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan masyarakat akan mendapatkan manfaat yang cukup baik dan positif , mampu meningkatkan kreatifitas juga menambah pendapatan mereka selama pandemi ini dan pula mampu menggunakan media online sebagai alternatif untuk mempermudah mencari pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Sudja, I. N. ., & Ni Luh Kanaya Rarasati. (2022). STRATEGI PEMASARAN JAMU DI TOKO KEMBAR BUNCING & MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA TANAMAN (TOGA) DI MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 358–363. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3902