PENINGKATAN EDUKASI DAN PENYULUHAN PENCEGAHAN COVID-19 SERTA PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI USAHA MERTA GUNA

Penulis

  • I Wayan Sujana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Andreas Karlos Dei Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Edukasi, Covid-19, Pemasaran, Media Sosial

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di jalan Pantai Saba, Desa Bonbiyu, Saba, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar. Dengan masyarakat sasaran yaitu umkm Usaha Merta Guna. Angka kasus covid–19 di Bali belakangan ini kian menunjukkan peningkatan. Pemerintah pun memutuskan untuk menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga sebagian umkm dan perusahan yang berinteraksi langsung dengan konsumen mengambil kebijakan untuk bekerja dari rumah, seperti yang diketahui karyawan tidak dapat bekerja dari rumah karena Usaha Merta Guna bergerak dibidang supplier atau pemasok telur ayam. Berdasarkan hasil observasi salah satu permasalahan yang terungkap adalah kurang disiplinnya karyawan yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti karyawan tidak menggunakan masker, tidak mencuci tangan, dan karyawan yang tidak menjaga jarak atau social distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta penurunan pendapatan karena Covid-19. Kondisi yang seperti ini menandakan bahwa karyawan belum begitu memahami protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan Pengabdian Masyarakat Alternatif Peduli Pandemi Covid19 (KAPPC) Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu memberikan edukasi dan penyuluhan terkait bagaimana cara pencegahan Covid-19 serta pemasaran melalui media sosial untuk menjangkau konsumen di luar kabupaten Gianyar. Dengan adanya program ini diharapkan pemilik dan karyawan di Usaha Merta Guna dapat mengikuti protokol Kesehatan dengan baik serta dapat mengetahui bagaimana pengaruh media digital untuk meningkatkan omset penjualan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Sujana, I. W. ., & Andreas Karlos Dei. (2022). PENINGKATAN EDUKASI DAN PENYULUHAN PENCEGAHAN COVID-19 SERTA PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI USAHA MERTA GUNA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 347–353. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3900