PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMASARKAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL DI BAKSO SUPER GILE
Kata Kunci:
Pemasaran, Media SosialAbstrak
Pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk, penetapan harga, pengiriman barang, dan mempromosikan barang. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyaratak di Kecamatan Ubud khususnya untuk dapat memasarkan produk melalui media sosial dan menambah wawasan bagi masyarakat Ubud yang belum mengetahui pemasaran melalui media sosial.