STRATEGI MENGOPTIMALKAN PELAYANAN JASA PENUKARAN UANG (MONEY CHANGER) DI PT DIRGAHAYU VALUTA PRIMA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
Strategi, Pelayanan, Protokol kesehatanAbstrak
PT Dirgahayu Valuta Prima adalah perusahaan yang didirikan oleh Drs. I Made Dama MBA,MM (Alm) sejak tahun 1984 di Bali. PT Dirgahayu Valuta Prima merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pelayanan penukaran uang (money changer), dan menjadi perusahaan penukaran uang terbaik di Bali. Namun akibat dari adanya pandemi covid-19, berdampak pada kurang optimalnya pelayanan dan pendapatan atau laba operasional yang diperoleh perusahaan karena para pelanggan setia mengalami keresahan dari kurang optimalnya pelayanan yang akan diberikan serta penyebaran virus yang bisa saja terjadi saat melakukan transaksi, terhitung sudah dua tahun lebih dari tahun 2020 hingga 2022. Diharapkan perusahaan PT. Dirgahayu Valuta Prima ini dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan pelayanan jasa penukaran uang (money changer) di masa pandemic Covid-19 dengan menerapkan strategi-strategi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan, seperti dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari lingkungan perusahaan yang selanjutnya berdampak pada perkembangan dan pendapatan perusahaan. Hasil yang dicapai dalam program ini adalah pelaksanaan strategi penyediaan sarana protokol kesehatan, sosialisasi pengarahan pentingnya penggunaan sarana protokol kesehatan pada karyawan, pemasangan pamflet informasi mengenai pentingnya protokol kesehatan saat bertransaksi di setiap counter, pelaksanaan strategi promosi penjualan melalui sosial media, pengarahan mengenai otomatisaisi sistem kepada karyawan yang mengalami kesulitan dan diharapkan terlaksana dengan konsisten.