PENANGGULANGAN DAMPAK EKONOMI UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROMOSI PENJUALAN LEWAT SOSIAL MEDIA PADA USAHA LAUNDRY MADU ASIH

Penulis

  • Ni Nyoman Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Ayu Sri Suryaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Standard Operational Procedur, Promosi, sosial media

Abstrak

Covid-19 telah melumpuhkan segala sektor di seluruh dunia, terlebih sektor perekonomian. Melihat perkembangan kondisi saat ini sangat dibutuhkan inovasi pelayanan dari sebuah pelaku usaha terlebih saat ini kita sedang dilanda Pandemi Covid-19, Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk terhadap UMKM. Salah satu dampak dari pandemi tersebut adalah UMKM Laundry Madu Asih. Selama Pandemi Covid-19 produktivitas Laundry Madu Asih mengalami penurunan pendapatan. Dalam hal tersebut juga laundry madu asih harus memenuhi standar protokol kesehatan agar menimbulkan kepercayaan pada konsumen untuk Kembali menggunakan jasa laundry. Melihat dari kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu Laundry Madu Asih memberikan edukasi mengenai SOP (Standard Operational Procedur) tentang penggunaan protokol kesehatan serta memberikan edukasi promosi penjualan/pemasaran melalui sosial media seperti Facebook marketplace dan membuatkan logo usaha laundry madu asih. Maka dari itu jika usaha laundry sudah menerapkan SOP dan promosi media online tentu akan berdampak pada peningkatan pendapatan pada usaha laundry tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Suryani, N. N. ., & Ni Luh Ayu Sri Suryaningsih. (2022). PENANGGULANGAN DAMPAK EKONOMI UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROMOSI PENJUALAN LEWAT SOSIAL MEDIA PADA USAHA LAUNDRY MADU ASIH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 297–302. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3891