UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PELAKU UMKM LAKSMI NARAYAN KONVEKSI DENGAN STRATEGI MEDIA SOSIAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
Strategi Digital Marketing, Covid-19Abstrak
Lokasi Observasi Berada di Desa Pejeng Kawan, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar dengan permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM yaitu pendapatan menurun akibat Covid-19. Berdasarkan hasil observasi yang telah saya survei permasalahan yang dihadapi oleh mitra UMKM adalah kesulitan dalam hal keuangan saat menghadapi pandemi ini disebabkan terjadinya penurunan pendapatan. Saya ingin membantu pelaku UMKM sasaran dengan cara mempromosikan usahanya agar lebih dikembangkan dalam hal promosi melalui media sosial agar jangkauannya lebih luas. Metode yang digunakan tahap komunikasi yaitu pada tahap ini kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan observasi secara offline/luring secara langsung dalam menggali permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM sasaran, tahap pelaksanaan yaitu memberikan edukasi terkait strategi media sosial marketing, membantu dalam pembuatan desain produk dengan memanfaatkan sisa kain, membantu dalam pembuatan desain kemasan yang menarik, dan mendaftarkan usahanya di aplikasi shopee, tahap penjualan yaitu pada tahap penjualan ini saya akan melakukan pelatihan baik secara daring/offline tentang bagaimana cara memasarkan serta menjual produk yang dibuat melalui media social Instagram maupun aplikasi shopee, tahap evaluasi yaitu pada tahap ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali untuk mendiskusikan bagaimana jalannya pemahaman program yang diberikan dan kendala yang dialami selama pelaksanaan kegiatan berlangsung. Adapun faktor pendukung keberhasilan kegiatan yaitu pelaku UMKM sasaran yang mendukung penuh kegiatan ini, pelaku UMKM sasaran sangat semangat dan berantusias dalam melaksanakan program kerja yang diberikan.