PENGOPTIMALAN MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PADA TOKO YOGA SHOES DI KABUPATEN KLUNGKUNG
Kata Kunci:
Pandemi, Pencatatan Barang, Media DigitalAbstrak
Pada era pandemi seperti saat ini, pemerintah memberikan himbauan untuk social distancing dan tidak bepergian keluar rumah bahkan keluar daerah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Hal ini, menyebabkan para pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM) harus melakukan suatu inovasi untuk meningkatkan penjualan. Salah satu UMKM yang terdampak virus Covid 19 adalah Toko Yoga Shoes yang beralamat di Jalan Gunung Batukaru No.10, Semarapura Kelod Kangin, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Tujuan dari dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat pada Toko Yoga Shoes adalah menganalisis dampak yang terjadi akibat dari virus covid 19 serta solusi apa yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak yang terjadi agar UMKM dapat bertahan ditengah pandemi covid 19. Permasalahan yang dialami oleh Toko Yoga Shoes adalah terjadinya penurunan pendapatan yang diperoleh setiap bulannya karena kurangnya media pemasaran yang efektif dan mudah dilakukan ditengah pandemi covid 19. UMKM ini cenderung mengandalkan konsumen lama untuk melakukan pembelian produk. Selain itu, kurangnya pencatatan barang masuk dan keluar menyebabkan sering terjadinya penumpukan barang yang mengakibatkan kerusakan pada barang tersebut. Pencatatan pendapatan harian juga kurang dilakukan, sehingga UMKM ini kurang mengetahui laba atau rugi yang diperolehnya setiap bulan.