STARTEGI MENGOPTIMALKAN PENJUALAN SERTA PENINGKATAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM BERTRANSAKSI DI MASA PANDEMI COVID-19 di CV. UDAYANA MANDIRI SEJAHTERA
Abstrak
Pandemi Covid-19 telah melemahkan berbagai sektor di Indonesia, tidak terkecuali pada Toko Mini Market CV. Udayana Mandiri Sejahtera yang berada pada sektor penjualan sembako serta peralatan rumah tangga. Kondisi pasca pandemi ini sangat mempengaruhi kinerja perusahaan, karena dalam kasus ini semua lapisan masyarakan baik itu lapisan atas, menegah dan bawah terkena dampak dari virus corona yang mengakibatkan turunnya pendapatan dan daya beli masyarakat terhadap sembako dan peralatan rumah tangga. Akibat dari adanya pandemi ini, akan sangat berdampak juga pada pendapatan atau laba operasional yang diperoleh CV. Udayana Mandiri Sejahtera yang satu tahun terakhir mengalami penurunan karena berkurangnya jumlah penjualan setiap bulannya, dan tersaingi oleh pasar tradisional terhitung sudah satu tahun dari tahun 2021 hingga 2022. Sehingga diharapkan karyawan pada CV. Udayana Mandiri Sejahtera dapat mengoptimalkan dan memaksimalkan penjualan di masa pandemic Covid-19 ini dengan menerapkan strategi-strategi. Hasil yang dicapai dalam program ini adalah : 1) Sosialisasi terkait strategi yang akan dijalankan dalam upaya mengoptimalkan penjualan, 2) Pelaksanaan strategi promosi penjualan melalui kegiatan kanvasing, atau mediasosial 3) Pelaksanaan pembagian masker terhadap masyarakat yang sudah melakukan transaksi, bukti peduli terhadap sesama customer di masa pandemi ini.