MENGOPTIMALKAN KEDISIPLINAN MENTAATI PROKES PADA AIRPORT SERVICE & HOSPITALITY OFFICER DI BANDAR UDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI PADA MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
Kedisiplinan, Pengawasan, Protokol KesehatanAbstrak
Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai International adalah bandar udara internasional yang terletak di sebelah selatan Bali, Indonesia, tepatnya di daerah Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 13 km dari Denpasar. Bandar Udara Internasional Ngurah Rai merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia, setelah Bandara Internasional SoekarnoHatta. Bandara ini memiliki satu terminal domestik dan satu terminal internasional. Terdapat beberapa departemen di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, salah satunya adalah Airport Service Improvement tempat saya melakukan pengabdian masyarakat. Sebagai bagian dari Airport Service Improvement, penulis diberi kepercayaan menjabat sebagai Airport Service & Hospitality Officer / Customer Service dengan tugas pokok dan fungsi utama untuk melayani penumpang serta bertanggung jawab pada pemeliharaan kebersihan dan sanitasi fasilitas pendukung yang ada di terminal Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Pada saat saya melakukan observasi, penulis menemukan bahwa masih banyak pegawai yang belum paham dan menaati prokes yang sudah diterapkan di bandara I Gusti Ngurah Rai Bali secara benar. Kurangnya kesadaran diri dan kejenuhan untuk menaati prokes maka penulis merasa perlu untuk melakukan penyuluhan serta pengawasan kebersihan dan sanitasi fasilitas kebersihan fasilitas di lingkungan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.