STRATEGI CV HIPPOCRATES MEDICAL STORE DALAM MENGOPTIMALKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID 19
Kata Kunci:
Penjualan, covid-19, alat kesehatanAbstrak
Pertengahan tahun 2020 di Indonesia muncul virus baru yang menjangkit kesehatan masyarakat yaitu Corona Virus (Covid 19). Covid 19 dianggap sebagai virus yang mematikan dengan proses penyebaran yang sangat cepat ke seluruh penjuru dunia dan berubah menjadi pandemi yang mengakibatkan banyak sektor mengalami kelumpuhan. Permasalahan tersebut telah berakibat pada kebutuhan ekonomi yang terus mengalami penurunan sangat drastis karena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan juga para pelaku usaha di beberapa sektor mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mengalami keterpurukan bahkan gulung tikar. Permasalahan ini menjadikan masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok dan bertahan hidup di situasi pandemi covid 19 yang hingga saat ini belum pulih. CV Hippocrates Medical Store mengupayakan berbagai cara untuk tetap bertahan di masa pandemi dan selalu berupaya untuk mengoptimalkan penjualan dengan membuat strategi-strategi penjualan yang sekiranya dapat tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan omset perusahaan. Adapun strategi yang ditempuh yaitu Koordinasi dengan staff gudang untuk memastikan stok tetap terjaga dan memesannya sebelum kehabisan, survei harga dengan suplier lain agar mendapatkan harga termurah, meningkatkan promosi via online yang dapat berupa endorse ke perawat dan tenaga kesehatan, memperluas market place seperti shopee dan tokopedia, pelaksanaan strategi follow up customer yang sudah pernah berbelanja sebelumnya dengan menawarkan produk-produk baru, dan konsultasi dengan team work terkait keberhasilan strategi yang dijalankan dalam upaya mengoptimalkan penjualan di masa pandemi.