OPTIMALISASI PEMASARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA CV. RAFIF BISNIS, PANJER, DENPASAR
Kata Kunci:
Pendapatan, Pengelolaan Dokumen, Protokol KesehatanAbstrak
Sejak merebaknya virus corona atau yang dikenal dengan Pandemi Covid-19 terjadilah ketidakstabilan pendapatan usaha yang signifikan. Terdapat beberapa lapangan usaha yang terkena dampak salah satunya yaitu usaha yang bergerak di Bidang Jasa Konsultasi Manajemen yaitu CV. Rafif Bisnis yang terletak di Jalan Tukad Badung XXI Resident 21 Gang IA No. 12, Renon, Denpasar Selatan. CV. Rafif Bisnis mengalamin ketidakstabilan pendapatan selama masa Pandemi Covid-19 ini. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, adanya himbauan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan belajar ataupun bekerja dari rumah, fasilitas umum dan pusat perbelanjaan ditutup sementara. Hal ini tentu membuat pendapatan pada CV. Rafif Bisnis mengalami ketidakstabilan. Kendala yang dialami pelaku usaha yaitu kurang maksimalnya dalam pengunggunaan media social, kurangnya penerapan protokol kesehatan, dan dengan adanya pandemi covid-19 perusahaan memilih untuk memperbaiki arsip yang sebelumnya kurang tertata dengan rapi. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasarswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu perusahaan CV. Rafif Bisnis agar dapat meningkatkan pendapatan dengan penggunaan dan pemeliharaan media sosial secara maksimal, merapikan arsip dokumen tahun sebelum sebelumnya serta membantu menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.