STRATEGI BERTAHAN UMKM “WARUNG TELAGA” MELALUI BERBAGAI PROMOSI MENARIK DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SERTA JASA ANTAR DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • I Dewa Made Endiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Made Kaler Sutama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Warung Telaga, Inovasi Produk, Promo Menarik, Pemasaran Media Digital, Fasilitas Jasa Antar

Abstrak

Awal tahun 2020 menjadi sejarah baru turunnya perekonomian hampir diseluruh negara, termasuk di Indonesia yang disebabkan oleh tingginya tingkat penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Kegiatan perekonomian yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), seperti yang dialami oleh UMKM Warung Telaga yang bergerak di sektor kuliner yang menjual aneka makanan dan minuman, UMKM ini berlokasi di Kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali. Program kerja yang diajukan pada kegiatan ini yaitu inovasi produk dengan berbagai promo menarik dengan harga yang terjangkau, pembuatan serta pemasangan poster dan banner, pendampingan serta pelatihan dalam membuat akun media sosial sebagai media pemasaran seperti Instagram, Pengenalan program jasa antar (food delivery). Program kerja tersebut disusun berdasarkan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh mitra, permasalahan yang utama dihadapi yaitu Menurunnya tingkat penjualan karna adanya PSBB, Kurangnya Inovasi Produk dan promo menarik untuk meningkatkan minat masyarakat sekitar, Kurangnya pengetahuan akan media sosial untuk pemasaran produk dan jasa antar. Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan inovasi produk dengan berbagai promo menarik, membuat poster dan banner yang kreatif, mengenalkan media sosial seperti Instagram sebagai media pendukung dalam pemasaran produk, serta mengenalkan layanan jasa antar (food delivery). Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode pendekatan secara langsung dan diskusi bersama mengenai program kerja yang diajukan untuk menangani permasalahan pada usaha mitra UMKM Warung Telaga saat masa pandemi Covid-19.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Endiana, I. D. M. ., & Sutama, I. G. M. K. . (2022). STRATEGI BERTAHAN UMKM “WARUNG TELAGA” MELALUI BERBAGAI PROMOSI MENARIK DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SERTA JASA ANTAR DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 24–31. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3851