PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGATASI PENURUNAN PELANGGAN PADA LAYANAN ASSISTED STRETCHING PT. STRETCHR ASIA PASIFIK

Penulis

  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Asri Pramesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Triana Putri Dewanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Assisted Stretching, Pemasaran Jasa, Digital Marketing, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Program pengabdian masyarakat di PT Stretchr Asia Pasifik yang berlokasi di Umalas, Kerobokan, Bali ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menghadapi permasalahan penurunan pelanggan. Perusahaan yang bergerak di bidang layanan assisted stretching ini tidak hanya melayani masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan, baik di studio maupun melalui layanan home service yang mencakup wilayah Canggu, Jimbaran, Nusa Dua, Uluwatu, Ubud, dan Denpasar. Melalui program kerja yang dirancang, seperti penerapan referral dan loyalty member, kampanye media sosial “Stretching for Your Life”, serta Feedback dan retention program “Your Voice, Our Stretch”, kegiatan ini berfokus pada peningkatan jumlah pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, serta memperkuat brand awareness perusahaan. Hasil pelaksanaan program menunjukkan adanya peningkatan minat pelanggan baru serta masukan yang konstruktif dari pelanggan lama dalam upaya perbaikan pelayanan. Dengan demikian, program ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung strategi pemasaran perusahaan, sekaligus menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu manajemen dan pemasaran di dunia kerja nyata. (Juliana et al., 2025; Santi & Zahara, 2024)

Referensi

Afnarius, S., Octaviani, L. K., Trenggana, A. F. M., & Tim Penulis. (2024). Digitalisasi tourism. Widina Media Utama.

Arismayanti, N. K., Andiani, N. D., & Pitana, I. G. (2022). Digital marketing: Teori, konsep, dan implementasinya dalam pariwisata. KBM Indonesia.

Hanafiah, R., & Winaningsih, A. (2021). Strategi pemasaran online dalam menarik wisatawan ke Bali. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 45–56.

Juliana, J., et al. (2025). Pemasaran pariwisata dan hospitality. CV. Luminary Press Indonesia.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Erlangga.

Ramdhan, F., Marlin, T., et al. (2023). Strategi pemasaran pariwisata. Get Press Indonesia.

Salim, E., Robianto, R., & Afuan, M. (2024). Digital marketing pariwisata. CV. Gita Lentera.

Santi, I. N., & Zahara, Z. (2024). Pemasaran pariwisata. Deepublish Digital.

Sugiarto, S., & Hayuningtyas, S. (2020). Penerapan CRM dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di industri jasa. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(2), 98– 112.

Wisnawa, I. M. B. (2022). Brand dan e-marketing pariwisata. Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Mendra, N. P. Y., Pramesti, I. G. A. A., & Dewanti, N. L. T. P. (2025). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENGATASI PENURUNAN PELANGGAN PADA LAYANAN ASSISTED STRETCHING PT. STRETCHR ASIA PASIFIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1290–1296. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13083