PROSES PENINGKATAN EFISIENSI PENDATAAN STOK DAN PELAYANAN KONSUMEN DALAM PENJUALAN SERAGAM SEKOLAH DI PT. ADRIAN GLOBAL INVESTAMA

Penulis

  • I Kadek Andika Budi Utama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ardi Sugiantara Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Pencatatan Stok, Pelayanan Konsumen

Abstrak

PT. Adrian Global Investama menghadapi masalah ketidakakuratan pencatatan stok dan penurunan kualitas pelayanan konsumen dalam penjualan seragam sekolah. Program pengabdian masyarakat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan stok dan pelayanan melalui teknologi digital dan pelatihan karyawan. Pelaksanaan program meliputi pelatihan pencatatan stok digital, pengecekan stok rutin, penggunaan WhatsApp untuk komunikasi pelanggan, serta pelatihan pelayanan prima. Metode pelatihan dan pendampingan berkelanjutan membantu karyawan beradaptasi dengan sistem baru dan meningkatkan profesionalisme. Hasil program menunjukkan peningkatan akurasi stok dan kepuasan pelanggan, meski terdapat tantangan dalam adaptasi teknologi. Disarankan agar perusahaan melanjutkan pelatihan rutin dan mengembangkan monitoring internal agar perbaikan dapat berkelanjutan.

Referensi

Aksa, A. M. N., & Riskayani, R. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Stok Barang Menggunkan Metode Rapid Application Development Pada Toko Sentral Jaya Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JISTI), 5(2), 87-96.

Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Mizan Pustaka.

Dahmiri, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Equity Terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan,12(04), 1212-1220.

Oktaviana, I., & Lestari, N. I. (2021). Analisis Penerapan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Pada PT.Pos Indonesia (Persero). Jurnal Ekonomi Vokasi, 5(1), 1-12.

Nalibratawati, R., Putri, K. P., & Hamidah, F. N. Analisis Masalah Dan Tantangan Dalam Mengelola Hubungan Dengan Pelanggan Di PT. Agung Solusi Trans: Strategi Komunikasi Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, 14(2), 232 – 246.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Utama, I. K. A. B., & Sugiantara, I. P. A. (2025). PROSES PENINGKATAN EFISIENSI PENDATAAN STOK DAN PELAYANAN KONSUMEN DALAM PENJUALAN SERAGAM SEKOLAH DI PT. ADRIAN GLOBAL INVESTAMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1283–1289. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13082