DIGITALISASI DAN BRANDING USAHA: MENINGKATKAN DAYA SAING PELAKU USAHA MELALUI QRIS, IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Made Edy Septian Santosa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Oktavia Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Digitalisasi, Branding Usaha, QRIS, Identitas Visual, Media Sosial

Abstrak

Toko Cahaya Beras merupakan salah satu jenis usaha yang perlu memanfaatkan digitalisasi dan branding usaha untuk meningkatkan penjualan produk. Namun memiliki permasalahan seperti belum memanfaatkan QRIS dalam transaksi digital, belum memiliki logo dan belum maksimal dalam pemanfaatan media sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada Toko Cahaya Beras berhasil mencapai tujuan utama yaitu digitalisasi dan branding usaha: meningkatkan daya saing pelaku usaha melalui QRIS, identitas visual, dan media sosial. Berdasarkan pelatihan dan pendampingan yang diberikan, beberapa poin penting dapat disimpulkan bahwa digitalisasi dan branding usaha: meningkatkan daya saing pelaku usaha melalui QRIS, identitas visual, dan media sosial telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian target yang ditentukan oleh Toko Cahaya Beras yaitu karyawan mampu memahami pemanfaatan QRIS sebagai alat transaksi digital, pembuatan logo perusahaan sebagai branding usaha serta pembuatan dan pengelolaan akun sosial media untuk promosi usaha.

Referensi

Ardana, R. A. H., Rafidah, R., & Erliyana, N. (2023). Digital Branding Sebagai Optimalisasi Peningkatan Inovasi, Daya Saing, Pendapatan Ukm Di Era New Normal. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(2), 125–137. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i2.1673

Dewanti, I. R., Anggraini, L., Destriani, F., & Irbayuni, S. (2023). Upaya Optimalisasi Branding Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Umkm Nizam Jaya. Jurnal Sosiohumaniora Sasanti P-ISSN, 4(3), 2722–6484.

Nawawi, H. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sari, O. H., & Febrian, W. D. (2025). Sosialisasi Inovasi dan Digitalisasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. 3(1), 164–171.

Yanuar, R., Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., Nurfaizah, A., Mustofa, M., & Rohimah, T. (2022). Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang, Kabupaten Cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 4(1), 70–84. https://doi.org/10.29244/pim.4.1.70-84

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Santosa, M. E. S., & Dewi, N. M. O. (2025). DIGITALISASI DAN BRANDING USAHA: MENINGKATKAN DAYA SAING PELAKU USAHA MELALUI QRIS, IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA SOSIAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1264–1268. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13079