STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ARTFLOW BALI MELALUI INOVASI DESAIN, DIGITALISASI PEMASARAN, DAN PENGEMASAN PRODUK

Penulis

  • Gde Bayu Surya Parwita Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Juliasa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Suryadana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Digitalisasi, Pemasaran, Desain, Pengemasan

Abstrak

Artflow Bali merupakan UMKM di bidang kerajinan dan dekorasi yang masih menghadapi kendala dalam aspek desain produk, pemasaran digital, dan pengemasan. Kegiatan dilaksanakan di Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, pada 21 Juli s.d 25 Agustus 2025 dengan metode observasi, perencanaan, pelatihan, pendampingan, serta evaluasi. Program yang dijalankan meliputi pengembangan desain dan pembuatan contoh produk baru agar lebih menarik, pembuatan akun media sosial serta konten promosi kreatif dalam bentuk video dan poster, serta pelatihan pengemasan yang aman, rapi, dan efisien. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan dan pemahaman karyawan dalam mendesain produk, mengelola strategi pemasaran digital, serta menerapkan teknik pengemasan yang rapi dan aman. Antusiasme karyawan dan dukungan pemilik usaha menjadi faktor pendukung utama keberhasilan program, sementara keterbatasan waktu menjadi hambatan. Secara keseluruhan, program ini berhasil meningkatkan daya saing produk dan memperluas jangkauan pemasaran Artflow Bali, baik di pasar lokal maupun digital. Keberlanjutan kegiatan disarankan melalui inovasi desain secara berkala, pengelolaan konten promosi yang konsisten, serta penerapan pengemasan yang rapi dan aman dalam produksi sehari-hari.

Referensi

Anjani, N. R., Hasanah, N., & Fadilah, R. (2023). Pengemasan dan Labeling Produk Sebagai Strategi Branding UMKM. Jurnal Pengabdian AMMA, 4(1), 33–40.

Arifah, L. A., Mulyadi, A., & Putri, N. S. (2021). Pendampingan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM. Jurnal Abdimas Adi Buana, 2(1), 27–35.

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi, 4(1).

Azlina, N., Taufik, T., Putri, S. M., & Indrapraja, M. H. D. (2020). Pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM di Kabupaten Kampar. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 66–71. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.66-71

Herlina, E., Stai, R., Khalidiyah, A., & Kalimantan, S. (2022). BENTUK DAN SIFAT PENGABDIAN MASYARAKAT YANG DITERAPKAN OLEH PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122–130.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6).

Lestari, R., & Sari, D. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Desain Produk dan Inovasi Branding. Jurnal Martabe, 6(1), 45–51.

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Muna, C. (2022). EKSISTENSI PERAN MAHASISWA DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 01(01), 32–50. https://ejcs.eastasouth-institute.com

Prabowo, M. A., Robin, M., Rohman, F., Permana, G., Tamam Qomaruddin, M., & Rahma, D. (2023). PERAN PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). In Jakarta, Indonesia (Vol. 4).

Rizky, M. A., & Aini, N. (2023). Strategi Promosi Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Era 5.0. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 66–72.

Rohmah, L. N., & Pramono, A. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk untuk Menekan Kerusakan Barang Saat Pengiriman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 122–128.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Yuliana, S., & Syamsuri, A. (2022). Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Berbasis Digital. Jurnal Abdimas Ekonomi, 4(2), 112–118.

Yuliani, N., & Novita, D. (2022). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal (Studi Kasus: UMKM Gresik, Jawa Timur). Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Parwita, G. B. S., Juliasa, M., & Suryadana, I. M. (2025). STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM ARTFLOW BALI MELALUI INOVASI DESAIN, DIGITALISASI PEMASARAN, DAN PENGEMASAN PRODUK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1242–1249. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13076