OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM DI DESA GETAKAN
Kata Kunci:
Optimalisasi Media Sosial, Promosi UMKM, Edukasi, Pengabdian Masyarakat, Desa GetakanAbstrak
Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada optimalisasi media sosial sebagai media promosi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Berdasarkan laporan We Are Social (2024), Indonesia memiliki lebih dari 170 juta pengguna internet, dengan 99% di antaranya aktif di media sosial, menjadikan platform ini sebagai kanal pemasaran yang efektif. Namun, sebagian besar pelaku UMKM di Desa Getakan masih mengandalkan metode promosi tradisional seperti penjualan langsung dan promosi dari mulut ke mulut, sehingga jangkauan pasar mereka terbatas. Untuk mengatasi masalah ini, program ini memberikan solusi berupa sosialisasi dan pendampingan. Metode pelaksanaannya mencakup observasi dan wawancara dengan pelaku usaha dan Kepala Desa Getakan, diikuti dengan sosialisasi tentang pentingnya media sosial serta pelatihan praktis. Tim pengabdian juga memberikan pendampingan langsung untuk menambahkan titik lokasi usaha di Google Maps. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini tergolong sangat baik dan para pelaku UMKM di Desa Getakan menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM memperoleh pemahaman baru tentang pentingnya kehadiran digital dan berhasil membuat akun bisnis di media sosial. Selain itu, sebagian besar pelaku usaha berhasil mendaftarkan lokasi mereka di Google Maps, membuat mereka lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Program ini berhasil meningkatkan kesadaran dan keterampilan digital pelaku UMKM, membuka peluang pasar yang lebih luas, dan berkontribusi pada peningkatan daya saing usaha lokal di era digital.
Referensi
Aliyah, Atsna Himmatul. 2022. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Welfare: Jurnal Ilmu Ekonomi Volume 3 Nomor 1. Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.
Novianti, D., & Alamsyah. (2023). Improving Sales Rate Through Social Media Marketing Strategy For Small Business. ANALISIS, 13(1), 167–180.
Ramadhan, M. Rizky Kurniadi., Wicaksono, Satrio Agung., dan Saptra, Mochamad Chandra. 2023. Identifikasi Masalah dan Solusi UMKM Sebagai Langkah Adaptasi dari Pandemi menggunakan Metode Kualitatif dan Kuantitatif (Studi Kasus: UMKM Ngijo Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 7, No. 1. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.
Setiawan, A., & Utami, R. (2023). The Impact of Digital Marketing on Sales Performance of Small Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Business Management.
We Are Social. (2024). Digital 2024: 5 Billion Social Media Users. Indonesia: We are Social, Meltwater. Diperoleh melalui https://wearesocial.com/id/blog /2024/01/ digital-2024-5- billion-socialmedia-users/ diakses pada tanggal 12 Agustus 2025