OPTIMALISASI INFORMASI DAN PROMOSI LAYANAN PENGIRIMAN PADA LION PARCEL KONSOLIDATOR DENPASAR

Penulis

  • Putu Ari Pertiwi Sanjiwani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Rifki Firman Wahyudi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Komang Tiara Pratistha Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Layanan Pengiriman, Business Card, Promosi Visual, Free Pickup, Lion Parcel

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu Lion Parcel Konsolidator Denpasar dalam mengatasi permasalahan komunikasi layanan dan promosi. Permasalahan yang dihadapi meliputi kurangnya informasi pelanggan tentang layanan free pickup, tidak tersedianya Business Card untuk komunikasi personal, serta penyampaian informasi promosi yang kurang menarik. Solusi yang diberikan berupa penyediaan stempel validasi pada resi pengiriman, pembuatan dan distribusi Business Card staf, serta pemasangan standing banner promosi di area pelayanan. Metode pelaksanaan meliputi observasi lapangan, pendampingan staf, pembuatan media pendukung layanan, sosialisasi internal, serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan program berjalan 100% sesuai target: layanan free pickup lebih dipahami pelanggan, hubungan komunikasi bisnis lebih profesional, dan efektivitas promosi meningkat. Kegiatan ini terbukti meningkatkan kualitas layanan dan citra profesional perusahaan.

Referensi

Dinata, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Standing Banner Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Biologi Konservasi.Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi,7(2), 183-186.

Iqlima, L. (2025). Strategi Pengembangan Pasar Produk Smart Business Card PT Teknologi Mudah Terhubung (TAPPP) ke Singapura Menggunakan Ansoff Matrix dan SWOT.Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial,3(1).

Oktavianingrum, A., Hidayati, D. N., & Nawangsari, E. R. (2023). Strategi branding membangun Brand Identity pada UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1829-1836.

Salman, S., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan desain banner guna meningkatkan ketertarikan konsumen pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2179-2184.

Paputungan. (2023). “Implementasi KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT sebagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai dengan Bidang Ilmu.” Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC) 3(1):2986–1012.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Sanjiwani, P. A. P., Wahyudi, R. F., & Sari, I. A. K. T. P. (2025). OPTIMALISASI INFORMASI DAN PROMOSI LAYANAN PENGIRIMAN PADA LION PARCEL KONSOLIDATOR DENPASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1191–1196. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13068