MENGOPTIMALKAN PENGEMBANGAN KUALITAS SDM UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PELANGGAN PADA UMKM TOKO RIO CORNER
Kata Kunci:
Pengembanagn SDM, Promosoi, PelayananAbstrak
Pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang efektif merupakan faktor penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan pada UMKM Toko Rio Corner. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan melalui pelatihan dan penerapan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan, pelatihan pelayanan prima, serta pelatihan pembuatan konten promosi digital. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan intensif yang difokuskan pada keterampilan komunikasi, penanganan keluhan, serta kemampuan digital dalam pembuatan konten promosi yang menarik. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa seluruh karyawan mampu menerapkan SOP pelayanan dengan baik, berkomunikasi secara efektif, dan mengelola promosi digital dengan kompeten. Dengan peningkatan kualitas SDM ini, diharapkan loyalitas pelanggan meningkat melalui pelayanan yang lebih baik dan promosi yang efektif, sehingga mendukung pertumbuhan usaha UMKM Toko Rio Corner. Kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh karyawan, yang berkontribusi pada keberhasilan program pengabdian masyarakat ini.
Referensi
Sunarwijaya, I Ketut., Lestari, Ni Nyoman Ayu Purwita. (2022). Pengoptimalan Kinerja Karyawan Serta Pelayanan Terhadap Konsumen Di Shoes And Care Bali Pada Masa Pandemi Covid-19, 1(2).
Supriyanto (2012). Analisis Situasi. Diakses dari https://id.scribd.com/document/425702284/1-analisis-situasi-doc
Rumangu, dkk. (2023). Metode Penilaian Kinerja Dalam Manajemen Kinerja. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Vol. 6, No. 4, April 2025.
Rahman, & Tiorida. (2023). Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Kondusif Pada PT. Mustika Jaya Lestari Melalui Motivasi Pelatihan dan Lingkungan Kerja. Socius: Jurnal Sosiologi Pendidikan dan Kemasyarakatan. Diakses dari https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/download/1187/1272