PENGUATAN DAYA SAING UMKM MELALUI VISUAL BRANDING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DIGITAL PADA KASYARAA.CO
Kata Kunci:
UMKM, Visual Branding, Pembukuan Digital, Arsip Penjualan, Media SosialAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada UMKM Kasyaraa.Co yang bergerak di bidang fashion. Analisis situasi menunjukkan promosi produk masih terbatas pada foto standar tanpa model dan pencatatan keuangan manual yang berpotensi menimbulkan ketidakteraturan arsip penjualan. Permasalahan utama adalah lemahnya strategi visual branding, ketidakkonsistenan promosi media sosial, serta belum adanya sistem pembukuan digital. Untuk itu, ditawarkan solusi berupa program penguatan daya saing dengan dua fokus: (1) visual branding melalui pelatihan dan pendampingan photoshoot produk menggunakan model, serta (2) pengelolaan keuangan digital dengan template Excel, arsip digital penjualan harian, dan kalender unggahan media sosial. Metode pelaksanaan meliputi observasi, pelatihan, praktik langsung, serta pendampingan staf toko. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kualitas promosi dengan tersedianya foto produk on-model, keteraturan pencatatan penjualan melalui template digital, serta terbentuknya sistem arsip dan kalender konten yang mendukung konsistensi promosi. Hal ini berdampak positif terhadap citra merek dan efisiensi pengelolaan usaha Kasyaraa.Co.
Referensi
Azman, N. A., Mohamed, A., & Jamil, A. M. (2021). Artificial Intelligence in Automated Bookkeeping: A Value-added Function for Small and Medium Enterprises. International Journal on Informatics Visualization, 5(3), 224–230. https://doi.org/10.30630/JOIV.5.3.669
Azuwandri, A., Gustini, G., Putra, M. B. E., Akmal, S., & Novrianda, H. (2024). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel Di Desa Selebar Jaya Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Jurnal Semarak Mengabdi, 3(2), 41–46.
Bahtera, N. T., Marjianto, R. S., & Salam, M. D. (2022). Digital entrepreneurship training for micro, small and medium enterprises (msmes) for typical culinary of tuban regency. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 4(1), 31–36.
Batubara, C., Safitri, D., Permata Sari, D., Tasya Luthfiah, H., & Utama Putra, B. (2023). Strategi Pengembangan Identitas Visual UMKM Melalui Pembuatan Logo: Studi Kasus Pada Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Aras. Bagaskara Utama Putra Journal of Human And Education, 3(2), 420–427.
Evanita, S., & Pebriyeni, E. (2025). Boosting Local Brand Value: Pelatihan Visual Branding dan Digital Marketing pada UMKM Ceta Bacorak. Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 106–113.
Febriansyah, Y., Puspasari, O. R., & Fitriani, C. (2024). Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Mobile dalam Menunjang Kinerja UMKM. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 8(2), 108–117.
Jiang, J. (2024). A study on the digital transformation trends in financial management for small and micro enterprises. International Journal of Global Economics and Management, 3(1), 355–363.
Kurniawan, E., Affar, M., Rianto, R., & Octaviani, A. D. (2022). Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Berbasis Microsoft Excel pada Kanein Food di Jatirasa, Bekasi (Application of Financial Statements Based on SAK EMKM Based on Microsoft Excel at Kanein Food in Jatirasa, Bekasi). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 119–129.
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347–356.
Sabna Sabilla, Abdulrahman Pais Nasution, & Mega Aulia Putri. (2024). Peran Visual Branding dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Platform Media Sosial: Kajian Literatur Periklanan di Era Digital. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu (JPMT), 8(No.7), 36–46. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpmt/article/view/3527
Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3), 633–642. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271
Sianturi, F. A., & Sianturi, R. L. (2025). Optimalisasi Pembukuan UMKM melalui Aplikasi Excel dan Google Sheets. Jurnal Edukasi Dan Abdi Generasi, 1(1), 13–18.