PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN KINERJA HOST LIVE TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DIGITAL PT SAMAPURA PERHIASAN INDONESIA

Penulis

  • Tiara Carina Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ristha Indryani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Putri Prawitasari Universitas Pendidikan Nasional

Kata Kunci:

Kompetensi Host Live, Digital Marketing, TikTok

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada karyawan di PT Samapura Perhiasan Indonesia dilaksanakan dengan fokus pada pengembangan kompetensi dan kinerja host live TikTok sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan digital perusahaan. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari kebutuhan mitra dalam menghadapi tantangan persaingan bisnis berbasis digital yang semakin ketat, khususnya pada platform media sosial TikTok sebagai salah satu kanal pemasaran yang efektif. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan host live dan tim pendukung dalam mengelola siaran langsung, menghasilkan konten digital yang menarik, serta mengoptimalkan manajemen penjualan dan stok barang berbasis data. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dan aplikatif yang melibatkan peserta secara aktif melalui beberapa tahapan, yaitu koordinasi dan observasi awal, pelatihan teknik engagement waktu dan pembuatan konten digital, pelaksanaan live TikTok dan interaksi dengan konsumen, serta pelatihan manajemen SDM dan rekap data penjualan. Hasil kegiatan menunjukkan ketercapaian yang signifikan, antara lain host live lebih percaya diri dan komunikatif, konten promosi lebih kreatif dan terjadwal konsisten, interaksi dengan konsumen lebih persuasif, serta sistem pencatatan penjualan menjadi lebih rapi, terukur, dan mudah dianalisis. Selain itu, peningkatan closing penjualan saat live streaming menjadi bukti konkret bahwa keterampilan host berdampak langsung pada niat beli konsumen. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas digital marketing mitra sekaligus memperkuat daya saing usaha di era transformasi digital.

Referensi

Aprilia, V., & Huda, M. C. (2023). Pengupahan jasa host live streaming TikTok Shop perspektif teori relasi kuasa dan akad ijarah. TAWAZUN: Journal of Sharia Economic Law, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/tawazun.v6i1.17442

Faeda, I. N., Priyatama, T., Danuta, K. S., & Octisari, S. K. (2023). Penerapan aplikasi TikTok dalam mendorong kinerja UMKM di Kota Purwokerto. Seminar Nasional LPPM Ummat, 2(April), 513–518.

Garg, M., Bansal, A., & Singla, K. (2019). Impact of digital marketing on consumer purchase decision. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 9(2S2), 453–455. https://doi.org/10.35940/ijitee.b1214.1292s219

Hellen, J. (2023). Pengaruh siaran langsung dan manfaat yang dirasakan terhadap niat beli melalui kepercayaan konsumen pada aplikasi TikTok Shop. SINOMIKA Journal, 1(6). SINOMIKA Prosiding Seminar Nasional Universitas Insan Budi Utomo. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01

Hu, M., & Chaudhry, S. S. (2020). Enhancing consumer engagement in e-commerce live streaming via relational bonds. Internet Research, 30(3), 1019–1041. https://doi.org/10.1108/INTR-03-2019-0082

Pitrawati, & Sanjaya, A. (2021). S T M I K Dian Cipta Cendikia Kotabumi. Jurnal Informasi dan Komputer, 9(2), 154–162.

Purwanto, R., Maharrani, R. H., Somantri, O., Wanti, L. P., & Fadillah, F. (2022). Pemanfaatan digital marketing sebagai media informasi pemasaran online produk usaha mikro kecil menengah petani hortikultura Cilacap. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 287. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.7974

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh live streaming, content marketing, dan online customer review terhadap keputusan pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Susanti, A. Y. (2021). Pemanfaatan TikTok dalam meningkatkan penjualan produk UMKM di Kota Bandung. Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 6(1), 72–80.

Sutopo, & Muslikhun, A. (2022). Strategi peningkatan penjualan online melalui live streaming pada media sosial online (Studi kasus pada online shop di platform TikTok). Dharma Ekonomi, 56, 49–56.

Wijaya, Y. D. (2021). Penerapan metode Rapid Application Development (RAD) dalam pengembangan sistem informasi data toko. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 3(2), 95–102. https://doi.org/10.24176/sitech.v3i2.5141

Wibowo, A., Wahyudi, W., & Utari, D. R. (2022). Media sosial sebagai solusi pemasaran UMKM yang adaptif di masa pandemi Covid-19. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 558. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8148

Yuarti, Y. V., Purwati, T., Tima, E. M., & Rakhmadian, M. (2023). Pengaruh live streaming TikTok Shop terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan beli konsumen. SINOMIKA Journal, 1(6), 104.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Carina, T., Indryani, N. P. R., & Prawitasari, P. P. (2025). PENGEMBANGAN KOMPETENSI DAN KINERJA HOST LIVE TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DIGITAL PT SAMAPURA PERHIASAN INDONESIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1153–1162. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13063