PROGRAM PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA MENGENAI DIGITALISASI DENGAN PENGENALAN MEDIA PROMOSI BERBASIS DIGITAL PADA UMKM SRI NADI TEDUNG

Penulis

  • Bagus Nyoman Kusuma Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Mia Darmayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Digitalisasi, Promosi Digital, Literasi Digital, Media Sosial

Abstrak

Program Pelatihan Sumber Daya Manusia mengenai digitalisasi dengan pengenalan media promosi berbasis digital pada UMKM Sri Nadi Tedung dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan literasi digital dan keterampilan promosi usaha di era modern. Permasalahan utama UMKM ini adalah rendahnya pemahaman SDM mengenai strategi pemasaran digital serta belum optimalnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu diskusi formal untuk meningkatkan kesadaran pentingnya digitalisasi, pelatihan literasi digital yang berfokus pada penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok, serta pendampingan pembuatan akun resmi dan konten promosi. Hasil program menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan SDM dalam membuat dan mengelola akun media sosial, serta terbentuknya akun resmi UMKM yang siap digunakan sebagai media promosi digital. Program ini memberikan dampak nyata berupa meningkatnya kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan SDM dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen yang beralih ke ranah digital, sekaligus menjadi pondasi awal bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih berkelanjutan.

Referensi

Abidin, W. D., Marisna, P., Varadisa, A. Q., Adi, T. S., & Kartika, D. S. Y. (2022). Pengembangan UMKM Melalui Pemanfaatan Pemasaran Digital dan Media Sosial Pada Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat.

Fajarani, G. E., Fajarani, A. F., Duma, S., Ivani, K. A., & Hestiningtyas, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pengembangan UMKM Barokah Jaya Bersama. Jurnal Ekonomi & Bisnis Digital Terpadu, 1(1).

Kaur, G. (2020). Social Media Marketing: Strategies & Its Impact. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 450-454.

Pratiwi, A. A. M. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73-81.

Rognerud, J. (2008). Social media marketing beginner’s guide. Retrieved on, 15.

Tuten, T. L. (2023). Social media marketing. Sage publications limited.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Putra, B. N. K., & Darmayanti, N. M. M. (2025). PROGRAM PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA MENGENAI DIGITALISASI DENGAN PENGENALAN MEDIA PROMOSI BERBASIS DIGITAL PADA UMKM SRI NADI TEDUNG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1117–1123. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13057