STRATEGI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DAN SISTEM TRANSAKSI PADA CAMEO HELM
Kata Kunci:
pemasaran digital, branding visual, pembayaran QRISAbstrak
Pengabdian masyarakat di usaha Cameo Helm bertujuan mengatasi kendala pemasran digital, branding visual, dan sistem pembayaran modern. Kurangnya pemanfaatan media sosial, logo yang menarik, serta metode pembayaran digital menghambat pengembangan usaha. Program kerja meliputi pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan dalam pengelolaan Instagram, pembuatan logo profesional, dan penerapan pembayaran QRIS. Metode ini membantu meningkatkan kapasitas pemilik usaha untuk menghadapi tantangan era digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengelolaan media sosial, penguatan identitas visual, dan kemudahan transaksi non-tunai. Disarankan agar pemilik usaha konsisten melanjutkan penerapan teknologi digital demi pengembangan usaha berkelanjutan.
Referensi
Agung, P., & Fajar S. (2020). Digital Marketing Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 9(4), 283-288
Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 50-70.
Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5).
Mohammad, S., & Ramania, W. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Ekonomi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159.
Priambada, S. (2015). Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO 2015, 2015.
Silvatika, Bayu Anggara. 2020. “Technosociopreneur, New Model UMKM Di Era Digital”7(2).
Supriyati, S., Hudiwinarsih, G., & Muazaroh, M. (2020). Pendampingan Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Kerajinan Enceng Gondok dan UMKM Pemula di Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-Dinamika, 5(2), 158-163.