PENERAPAN GENERAL CLEANING DAN PENINGKATAN SERVICE EXCELLENCE DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN ACK SIBANG GEDE II

Penulis

  • Ni Nyoman Ari Novarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ayu Indra Wati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

general cleaning, service excellence, kenyamanan, Kepuasan, UMKM

Abstrak

Program Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan tujuan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, baik dalam aspek sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di ACK Sibang Gede II, sebuah usaha makanan cepat saji yang berlokasi di Jalan Raya Sibang Gede, Abiansemal, Badung. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan adanya beberapa permasalahan yang memerlukan perbaikan, terutama terkait kebersihan area kerja yang belum optimal serta pelayanan pelanggan yang masih kurang konsisten dengan standar service excellence. Program Pengabdian Masyarakat ini difokuskan pada dua solusi utama, yaitu general cleaning yang dilakukan secara terjadwal di seluruh area outlet, serta pelatihan service excellence yang mencakup pelayanan, dan keterampilan menghadapi pelanggan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mampu memberikan dampak positif dengan terciptanya lingkungan kerja yang lebih bersih, peningkatan kualitas pelayanan, serta peningkatan kenyamanan dan kepuasan pelanggan di ACK Sibang Gede II.

Referensi

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016) Service, Quality dan Satisfaction. 4 ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Priyatma, (2021) Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. USD. Yogyakarta.

Supriyanto, M. (2019). Service Excellence, Dampak Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran dan Kesekretariatan , 3 (1), 16-22.

Novarini, N. N. A., Anjani, N. K. D. S., & Hadnyanawati, H. (2025, May). Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Pelatihan Dan Konten Digital Kreatif Pada Indis Project. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 4, No. 1, pp. 78-83).

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Novarini, N. N. A., & Wati, N. K. A. I. (2025). PENERAPAN GENERAL CLEANING DAN PENINGKATAN SERVICE EXCELLENCE DALAM MENINGKATKAN KENYAMANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN ACK SIBANG GEDE II. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1033–1037. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13033