PENINGKATAN EFISIENSI USAHA MIKRO NINA SHOP MELALUI PENERAPAN PENCATATAN DIGITAL, MANAJEMEN STOK, DAN STRATEGI PEMASARAN DI PLATFORM E-COMMERCE
Kata Kunci:
UMKM, pencatatan digital, pencatatan stok, platform e-commerceAbstrak
UMKM adalah singakatan dari usaha mikro, kecil dan menengah. UMKM adalah salah satu aspek penting untuk mengembangkan perekonomian negara. Usaha mikro Nina Shop merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang kerajina yang berlokasi di Jalan Kajeng, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar. Adapun yang terungkap dari hasil observasi yang dilakukan di Nina Shop yaitu kurangnya pemahaman tentang pencatatan digital, pencatatan stok barang dan kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang platform e-commerce sebagai media pemasaran. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk menangani masalah yang terjadi yaitu dengan memberikan pelatihan dan pemahaman tentang pencatatan pembukuan digital, melakukan pelatihan dan bimbingan tentang pentingnya pencatatan stok barang, dan membantu dalam menjelaskan platform e-commerce shopee dan membuat akun dagang.
Referensi
Aminullah, R. A., Mubarrok, D. H., Abdussalam, A., Firman, A., Dewi, D. R., & Nurshodiqoh, S. (2023). Pengembangan UMKM di Era Globalisasi: Laporan Pengabdian Masyarakat di Desa Dayeuhluhur-Ciamis. Khidmat, 3(2), 141-151.
Azizah, N. L., Indahyanti, U., Latifah, F. N., & Sumadyo, S. B. (2021). “Pemanfaatan Pembukuan Digital pada Kelompok UMKM di Sidoarjo Sebagai Media Perencanaan Keuangan”. Community Empowerment, 6(1), 64-70.
Intan Shaferi; Ekaningtyas Widiastuti. (2013). Reorientasi Jaringan Pemasaran UMKM di Era Globalisasi dan Otonomi Daerah, 1—11
Izzati, Wajhiatul Burhanuddin. 2024. “Resiliensi UMKM Di Era Digital.” Republika.id.
Suyati. (2020). TATA KELOLA KEUANGAN SEKOLAH. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume 10 Nomor 1, 2020, 1-12