PELATIHAN KERJA DALAM PEMANFAATAN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENJUALAN VENDOR WEDDING CV BLISSFUL BALI

Penulis

  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Satrya Dewangga Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

digital marketing, website, sosial media

Abstrak

Penelitian ini membahas bagaimana pelatihan kerja dan penerapan digital marketing melalui website serta media sosial Instagram dapat membantu meningkatkan jangkauan penjualan vendor wedding CV Blissful Bali. Latar belakang penelitian ini berangkat dari persaingan ketat dalam industri jasa pernikahan di Bali yang menuntut setiap pelaku usaha untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital agar tetap relevan dan kompetitif. Melalui program pelatihan, tim CV Blissful Bali mendapatkan pembekalan keterampilan dalam mengelola konten digital, memaksimalkan penggunaan website, menerapkan strategi promosi di media sosial, serta memahami teknik dasar optimasi mesin pencari (SEO). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan kerja yang dipadukan dengan strategi digital marketing mampu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkan media digital, memperluas jangkauan audiens, serta mendorong keterlibatan dan kepercayaan calon pelanggan. Website dan Instagram terbukti efektif tidak hanya sebagai media promosi, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun citra merek dan pada akhirnya memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan penjualan CV Blissful Bali.

Referensi

Akhsin, S. 2022. Pengaruh Copywriting dan Kualitas Visual Konten Pemasaran terhadap Minat Beli Konsumen pada Pengguna Instagram di Kelurahan Tanjung Selamat, Medan. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Alfian, R., Yuliana, L., Perkasa, D. H., & Putra, M. F. R. (2025). Hyper-Personalization For Customer Innovativeness, Customer Involvement and Adoption Intention. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 9(1), pp. 69-77.

Avita, Y., Heni, S., & Erike, N. (2023). Transformasi Digital Ekonomi Melalui Kolaborasi Akademisi Dalam Membentuk Generasi Z Kreatif. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), pp. 1507–1514.

Putra, Hailuddin, Baiq Ismiwati. (2022). Efektivitas Balai Latihan Kerja (BLK) Dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Di Kota Mataram. Skripsi. Universitas Mataram

Kustiyahningsih, Y., Anamisa, D. R., Hasbunallah, M., Rahmanita, E., & Purnama, J. (2022). Pemanfaatan Media Sosial dan Market Place Untuk Meningatkan Produk Penjualan UMKM di Masa Pandemi Covid -19 (Media Nusa Creative, Ed.). Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Rahayu, S. (2022). The Effect Of Brand Image and Promotion On The Purchase Decision Of Tony Jack Jeans Product At DNA Store South Of Tangerang. International Journal of Science, Technology & Management, 3,(1), pp. 256–264.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Anggraini, N. P. N., & Dewangga, G. S. (2025). PELATIHAN KERJA DALAM PEMANFAATAN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENJUALAN VENDOR WEDDING CV BLISSFUL BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 1005–1010. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13028