STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PENINGKATAN DAYA TARIK KONSUMEN DI TOKO MSHOP

Penulis

  • Anak Agung Putu Agung Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Rumas Alvia Ariesta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nur Faiza Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Suartiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

digital marketing, konten, kreativitas

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Toko Mshop, usaha ritel fashion dan aksesoris wanita yang berlokasi di Mengwi, Badung. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah penurunan penjualan akibat kurang maksimalnya pemanfaatan digital marketing dan tingginya persaingan. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan membantu mitra meningkatkan penjualan melalui strategi digital marketing dan peningkatan daya tarik konsumen. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, pelatihan, serta pendampingan karyawan. Materi pelatihan meliputi cara memasarkan produk secara online, membuat konten kreatif, serta melakukan branding yang tepat. Seluruh program kerja terealisasi 100% dan diikuti dengan partisipasi tinggi dari karyawan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan karyawan dalam mempromosikan produk melalui media digital. Data penjualan juga mengalami peningkatan dari Rp27.085.500 pada Juni menjadi Rp32.566.300 pada Agustus 2025. Kegiatan ini membuktikan bahwa penerapan digital marketing mampu meningkatkan daya saing UMKM di tengah kompetisi. Disarankan agar Toko Mshop terus konsisten dalam mengembangkan strategi pemasaran digital, meningkatkan kreativitas konten, serta memperkuat branding untuk mempertahankan loyalitas konsumen.

Referensi

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., & Arum, D. P. (2022). PENERAPAN BRANDING PRODUK DANDIGITALMARKETING SEBAGAI STRATEGI

PEMASARAN UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation andAction, 2(2), 119-130.

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital MarketingUntuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of CharacterEducation Society), 3(3), 651-659.

Kasih, N. L. S., Adnyana, I. P. A., & Damayanti, K. R. G. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Internet Marketing, Akutansi Dan Manajemen Keuangan DalamUpayaPeningkatan Omset Penjualan Produk. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(1), 104-109.

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). PelatihanPembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa(Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169175.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah(umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41- 47.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Agung, A. A. P., Ariesta, P. R. A., Faiza, N., & Suartiningsih, I. G. A. (2025). STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING DAN PENINGKATAN DAYA TARIK KONSUMEN DI TOKO MSHOP. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 985–990. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13026