OPTIMALISASI SOP DAN KOMPETENSI KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN WARNET EA CYBER CAFE NET
Kata Kunci:
standard operating procedure, kompetensi karyawan, pendapatanAbstrak
EA Cyber Cafe Net menghadapi masalah kurang optimalnya penerapan SOP pada karyawan kurang optimalnya penerapan SOP (Standard Operating Procedure) pada warnet, Proses pencatatan keuangan pengeluaran dan pemasukan warnet yang masih kurang tertata, Kurangnya tingkat kemampuan karyawan dalam menggunakan media canva untuk membuat poster dan postingan instagram warnet, Menurunnya kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Pelaksanaan program meliputi sosialisasi dan edukasi mengenai penerapan SOP (Standars Operating Procedure), memberikan pelatihan kompetensi pencatatan keuangan warnet, memberikan pelatihan menggunakan media software canva, dan memberikan pelatihan dan edukasi mengenai customer service. Hasil program menunjukkan peningkatan pemahaman karyawan terhadap pentingnya penerapan SOP untuk menjalankan kegiatan operasional warnet, dan juga meningkatnya pemahaman karyawan dalam mengelola keuangan warnet dan menggunakan media editing canva, serta karyawan EA Cyber Cafe Net juga menunjukkan peningkatan terkait pemahaman pelayanan dan pentingnya customer service, hal ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta kualitas karyawan warnet untuk mendorong pertumbuhan pendapatan warnet.
Referensi
Elvianasari, G. I., & Soesanto, S. (2024). Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penjualan untuk Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Penjualan pada Konveksi Sanjaya. Institut Pertanian Bogor.
Nugraha, B. B., Khasanah, D. U., Rafif, M., Fadilah, R. A. N., & Azizah, R. (2023). Pendampingan pemasaran digital pada UMKM Konveksi Aura Desa Kayen Lor Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 44–50.
Sugiarti, S., Arbainah, S., Sadida, A., & Raharjanti, R. (2022). Pendampingan dan penerapan teknologi produksi dalam upaya meningkatkan kualitas produk pada usaha konveksi Batik Enza. JAMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Keuangan Perbankan dan Akuntansi, 4(1), 40–46.
Kim, S., & Bae, S. H. (2020). Digital skills and employability in the era of the Fourth Industrial Revolution. Asian Social Science, 16(2), 1-13. https://doi.org/10.5539/ass.v16n2p1