OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN REVIEW ONLINE UNTUK STRATEGI BRANDING UMKM TWINKLE BABY

Penulis

  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Feby Diana Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, strategi pemasaran, teknologi informasi, bisnis, era digital

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu dari sekian banyaknya sektor yang ada, yang telah memberikan kontribusi pada perkembangan ekonomi di Indonesia. Twinkle Baby merupakan salah satu UMKM yang menjual pakaian bayi, yang berlokasi di Desa Celuk, Sukawati. Mereka menawarkan berbagai pilihan pakaian bayi yang lucu dan nyaman dengan kualitas terbaik. Namun, di balik kesuksesan dan kualitas produk yang ditawarkan, UMKM Twinkle Baby ternyata masih menghadapi tantangan, salah satunya dalam hal pemasaran yang masih kurang optimal. Selain promosi, kurangnya digitalisasi di UMKM Twinkle Baby juga terlihat pada tidak adanya sistem untuk mengelola ulasan pelanggan dan data stok opname. Berdasarkan Permasalahan yang di hadapi oleh Twinkle Baby, maka solusi yang dapat diberikan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah Membantu UMKM dalam mengoptimalkan kehadiran mereka di media sosial dan e-commerce, melatih pemilik UMKM untuk melakukan pencatatan stok barang (stock opname) secara berkala dan teratur, serta mengedukasi pemilik UMKM tentang pentingnya pelayanan pelanggan yang baik dan strategi untuk mendorong pelanggan agar memberikan ulasan positif. Berdasarkan seluruh rangkaian program yang telah dilaksanakan, pemanfaatan media digital dan teknologi memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan UMKM Twinkle Baby.

Referensi

Aditya, R., & Rusdianto, R. Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96-102.

Alesandro, A. T. W. (2025). Pengaruh Reputasi Merk, Kesadaran Merk, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di Honda Motor (Studi Pada Konsumen Astra Motor Center Semarang). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 444-456.

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi Umkm Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33-42.

Imbayani, I. G. A., & Dewi, N. M. A. C. (2024, December). Mengembangkan Pemasaran Dengan Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Toko Ud. Karmiasih. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 3, No. 2, Pp. 710-716).

Imbayani, I. G. A., & Putra, I. G. Y. D. (2022). Pengembangan Umkm Dengan Metode Pemasaran Online Pada Widi Motor. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 1, No. 2, Pp. 953-957).

Imbayani, I. G. A., Safitri, N. W. N., & Nopianti, N. K. (2023, May). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Ksp Klenting Amertha Mesari. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 2, No. 1, Pp. 382-388).

Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (Hpp) Dan Harga Jual Pada Umkm Di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://Doi.Org/10.32764/Abdimas_Ekon.V3i1.2506

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Imbayani, I. G. A., & Putri, N. P. F. D. (2025). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN REVIEW ONLINE UNTUK STRATEGI BRANDING UMKM TWINKLE BABY. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 956–962. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13011