PENERAPAN SISTEM PEMBUKUAN SEDERHANA BERBASIS EXCEL, STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN PENATAAN LAYOUT PRODUK PADA TOKO INA ISHA BABY KIDS WEAR GIANYAR
Kata Kunci:
pengabdian masyarakat, pembukuan sederhana berbasis excel, strategi digital marketing, penataan layout produkAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari integral dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu mitra menerapkan sistem pencatatan keuangan berbasis Microsoft Excel, mengoptimalkan strategi promosi digital melalui berbagai platform media sosial, serta penataan layout produk di store offline untuk memudahkan customer dalam mencari produk sesuai kategorinya. Metode pelaksanaan meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan keterlibatan pemilik toko secara langsung. Ada tiga permasalahan utama yaitu pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual dan tidak terstruktur, kurangnya pengetahuan pemilik dalam membuat konten promosi di media sosial dan penataan produk di toko belum terorganisir dan kurang menarik secara visual. Solusi yang diterapkan meliputi sistem pembukuan sederhana berbasis Microsoft Excel yang mudah digunakan oleh karyawan atau pemilik, mengoptimalkan promosi digital melalui pembuatan akun media sosial dan meningkatkan performa usaha di Google Maps, serta mengoptimalkan penataan layout produk di store offline guna menarik minat beli customer secara visual. Hasil kegiatan menunjukan realisasi berjalan dengan baik dalam penerapan pembukuan berbasis Excel memudahkan pemilik mengecek pemasukan dan pengeluaran setiap saat, strategi digitalisasi marketing yang dilaksanakan menjadikan toko mudah dikenali pembeli di media sosial dan penataan layout produk di offline store dapat menarik minat pembeli karena mudah menemukan barang sesuai kategorinya.
Referensi
Alexander, Y. L. (2023). Meningkatkan Kinerja UMKM Melalui Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produk Perusahaan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 629–642. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.833
Bestari, P., & Ainy, R. N. (2025). Akuntansi Berbasis Excel Dan Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1478. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29082
Putra, I. P. M. J. S., & Sudarmayoga, I. K. (2025). Berbasis Digital Dan Strategi Penjualan Produk Melalui Media Sosial Marketing Di Usaha COMP. 4, 326–330.
Sianturi, F. A. R. L. S. (2025). Optimalisasi Pembukuan UMKM melalui Aplikasi Excel dan Google Sheets. Jurnal Edukasi Dan Abdi Generasi, 1(1), 13–18.
Yuliana, E., Suhaety, Y., & Fasihat, D. U. (2025). Pengaruh Layout dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dimediasi Kualitas Produk pada Toko Serba 35 Ribu di Kecamatan Manggelewa. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(4), 7200–7222. https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i4.9260