PEMBERDAYAAN FUNGSI AKUNTANSI DALAM MENDUKUNG LITERASI KEUANGAN, TRANSPARANSI INFORMASI, DAN PENGUATAN BRANDING PT. BPR SADANA UTAMA BALI
Kata Kunci:
Literasi keuangan, Inklusi keuangan, Branding, Transparansi informasiAbstrak
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) berperan penting dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat, namun pemanfaatannya masih belum optimal akibat rendahnya literasi keuangan dan terbatasnya strategi komunikasi berbasis transparansi. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di BPR Sadana dengan tujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta memperkuat branding lembaga melalui penyajian informasi kinerja yang sederhana, kreatif, dan mudah dipahami publik. Kegiatan utama meliputi penyusunan modul edukasi singkat, brosur, dan pamflet tentang produk BPR; pengemasan data kinerja keuangan dalam bentuk infografis, video singkat, dan laporan ringkas publik; serta optimalisasi media sosial dengan kalender konten bertema literasi keuangan dan kisah sukses nasabah. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap layanan BPR, tumbuhnya kepercayaan publik melalui transparansi informasi, serta meningkatnya interaksi digital yang memperkuat citra positif BPR Sadana. Dengan demikian, program ini berkontribusi nyata dalam mendorong pemanfaatan layanan keuangan formal, memperluas jangkauan edukasi, dan mendukung keberlanjutan pertumbuhan BPR di tingkat lokal.
Referensi
Asosiasi BPR Indonesia. (2021). Laporan Perkembangan Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia. Jakarta: Perbarindo.
Darmawan, A., & Indriani, M. (2020). Transparansi laporan keuangan dan kepercayaan publik pada BPR. Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 12(2), 45–56.
Lestari, D. (2019). Pengelolaan administrasi keuangan pada lembaga perbankan mikro. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 9(1), 77–86.
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Statistik Perbankan Indonesia. Jakarta: OJK.
Putri, R., & Nugroho, B. (2022). Strategi branding dan media sosial untuk meningkatkan literasi keuangan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 4(1), 23–34.