TRANSFORMASI LAYANAN KOPERASI MELALUI INOVASI DIGITAL: PROMOSI SIMPANAN MEGA, MONITORING SETORAN DAN EDUKASI PENGGUNAAN APLIKASI M-PISE PADA KOPERASI KONSUMEN AGUNG MANDIRI

Penulis

  • Ni Luh Gede Mahayu Dicriyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Elsa Arini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Koperasi, Digital, Literasi, Promosi, Monitoring

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Koperasi Konsumen Agung Mandiri, dengan tujuan mendukung transformasi layanan koperasi melalui inovasi digital. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah promosi produk Simpanan Mega yang belum optimal, rendahnya literasi digital anggota dalam penggunaan aplikasi m-Pise, ketiadaan evaluasi kepuasan layanan, serta belum adanya sistem monitoring setoran harian yang terstruktur. Untuk menjawab permasalahan tersebut, tim pengabdian melaksanakan empat program utama, yaitu pembuatan brosur digital dan promosi Simpanan Mega, pembuatan video tutorial serta edukasi langsung terkait aplikasi m-Pise, penyebaran kuesioner survei kepuasan anggota, dan pembuatan template rekap data setoran harian yang dilengkapi dengan pelatihan kepada staf marketing. Selain itu, disusun pula program tambahan berupa pembuatan konten promosi digital di media sosial, penyusunan buku panduan aplikasi m-Pise, serta pendampingan administrasi digital bagi staf koperasi. Hasil kegiatan menunjukkan seluruh program terealisasi 100% sesuai target. Promosi digital mampu memperluas jangkauan informasi dan meningkatkan minat anggota, edukasi m-Pise meningkatkan literasi digital, survei kepuasan menghasilkan data evaluasi layanan, serta template monitoring membantu staf marketing bekerja lebih efisien. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil memperkuat tata kelola koperasi, meningkatkan partisipasi anggota, serta mendukung koperasi menjadi lebih adaptif dan berdaya saing di era digital.

Referensi

Fadhlurrahman, H., & Pribadi, J. D. (2023). Pengembangan Media Promosi Dengan Pembuatan Brosur Elektronik Menggunakan Aplikasi Coreldraw X7 Pada Pt Bpr Bkk Karangmalang (Perseroda). Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 186–192.

Maulidin, W. F., Nugraha, A. E., Rahma, R. A., Sutrisno, S., Alimar, M. M., Yudhiawan, R., & Kusuma, S. A. (2025). Pembukuan Digital yang Efisien untuk UMKM (Pendekatan Pengembangan Prototipe Excel VBA). Infomatek, 27(1), 9–18.

Nashoha Anis, Rusmiati, K. S. (2025). Transformasi Digital Dalam Manajemen Koperas:Peluang dan Tantangan. Central Publisher, 3, 292–299.

Nurnawati, R. (2023). Strategi Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Insan Mandiri. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 158–164.

Reny, Pebriani Aziatul, Yustini Tien, S. R. K. N. (2025). Smart Cooperative : Pelatihan Implementasi Aplikasi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Koperasi. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 58–65.

Setyaningsih Intan, M. H. (2024). Strategi Pengembangan Koperasi Melalui Transformasi Digital. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(February), 4–6.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Dicriyani, N. L. G. M., & Arini, N. K. E. (2025). TRANSFORMASI LAYANAN KOPERASI MELALUI INOVASI DIGITAL: PROMOSI SIMPANAN MEGA, MONITORING SETORAN DAN EDUKASI PENGGUNAAN APLIKASI M-PISE PADA KOPERASI KONSUMEN AGUNG MANDIRI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 824–830. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/12897