UPAYA DALAM MENINGKATKAN STANDAR KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DENGAN MENERAPKAN SOP PADA BAKED RESTAURANT
Kata Kunci:
penerapan SOP, peningkatan kualitas layananAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat alternatif ini dilaksanakan di Baked Restaurant dengan tujuan untuk meningkatkan standar kualitas pelayanan karyawan melalui penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP). Pelayanan yang konsisten dan profesional menjadi faktor penting dalam menunjang kepuasan pelanggan dan daya saing usaha kuliner. Dalam kegiatan ini, tim pengabdian masyarakat melakukan observasi awal, wawancara, serta analisis terhadap proses pelayanan yang sudah berjalan. Berdasarkan hasil analisis, disusun dan diterapkan SOP yang mencakup prosedur pelayanan pelanggan, penanganan komplain, serta standar komunikasi karyawan. Penerapan SOP dilakukan melalui pelatihan langsung kepada karyawan dan penyediaan media visual SOP di area kerja. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan, efisiensi kerja, serta kepuasan pelanggan yang lebih baik. Diharapkan, implementasi SOP ini dapat menjadi fondasi bagi manajemen restoran dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan.
Referensi
Nur’aini, F. (2020). Standart Operating Procedure Cara Praktis dan Efektif Menerapkan SOP diSegala Macam Bisnis (1st ed.). Yogyakarta: QUADRANT.
Prasanna, K. (2013). Standard Operating Procedures for Standalone Hotels. Journal of Management Sciences, 10(1), pp. 180–194.
Desiana Grace Mamole, (2019). Analisis Penerapan SOP Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Waiter / Waiters Di Main Street Cafe Cititel Hotel Penang Malaysia.
Dhea Adelia & Poppy Indriani, 2018. Mekanisme Kerja Waiter Dan Waitress Pada Department Food And Beverage Service Dalam Kaitan Peningkatan Kualitas Pelayanan di Opi Indah Hotel
Hartatik,Indah Puji.(2014). Buku Pintar Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur). Yogyakarta. Flasbooks.