PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN, PROMOSI DAN MANAJEMEN ADMINISTRASI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BARYONS

Penulis

  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Kusumayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

peningkatan kualitas, promosi, manajemen administrasi

Abstrak

Pengabdian Masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berfokus pada pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Baryons Gianyar dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran, strategi promosi, dan manajemen administrasi. Permasalahan yang dihadapi lembaga meliputi kurangnya evaluasi pembukuan, minimnya promosi, rendahnya pemanfaatan media pembelajaran, serta terbatasnya penanganan keluhan siswa dan orang tua. Metode pelaksanaan dilakukan melalui pelatihan, pendampingan, sosialisasi, serta evaluasi layanan dengan partisipasi aktif dari seluruh staf dan pengajar. Hasil kegiatan menunjukkan tercapainya beberapa program kerja, seperti perbaikan sistem pembukuan, penyusunan RAB bulanan dan semesteran, pengembangan strategi promosi melalui brosur dan sosialisasi, serta peningkatan interaksi pembelajaran dengan pemanfaatan media digital, kuis, dan ice breaking. Evaluasi kepuasan melalui angket dan kuisioner juga memberikan umpan balik positif untuk peningkatan mutu layanan. Kegiatan ini berkontribusi terhadap penguatan kapasitas manajemen dan pengajaran di Bimbel Baryons agar lebih adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

Referensi

Astuti, R., & Kurniawan, D. 2021. Inovasi pendidikan dalam era digital: Tantangan dan peluang lembaga bimbingan belajar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 101–110.

Handayani, R., Fitriani, L., & Suhendra, A. 2023. Kolaborasi akademisi dalam kegiatan pengabdian masyarakat berbasis potensi lokal. Jurnal Abdimas Nusantara, 5(2), 45–56.

Hakim, M., & Lestari, T. (2020). Pengelolaan administrasi berbasis teknologi di lembaga pendidikan nonformal. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 6(2), 43–52.

Rahmawati, N., & Putra, A. D. (2022). Analisis SWOT terhadap pengelolaan lembaga pendidikan nonformal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 34–45.

Santosa, H., & Nugroho, R. A. (2020). Transformasi digital dalam administrasi pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 78–85.

Saputra, D. H., & Riyanto, A. 2021. Pengabdian masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Edukasi, 3(1), 22– 30.

Wulandari, S., & Prasetyo, M. (2021). Strategi promosi digital pada lembaga bimbingan belajar di era pandemi. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 8(2), 56–67.

Wijaya, P., Laksmi, D., & Arta, I. K. (2024). Penguatan peran akademisi dalam pemberdayaan lembaga bimbingan belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(1), 1–12.

Yuliana, S., Maulana, R., & Setiawan, H. (2023). Penerapan model pembelajaran interaktif pada bimbel berbasis online. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 15–27.

Lestari, D. (2023). Strategi Promosi Digital pada Lembaga Pendidikan Non-Formal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 45–53.

Putri, A., & Rahman, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 101–110.

Santoso, B. (2022). Manajemen Administrasi Pendidikan Non-Formal. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(2), 88–96.

Wulandari, S. (2021). Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 210–218.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Endiana, I. D. M., & Kusumayanti, N. L. P. (2025). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN, PROMOSI DAN MANAJEMEN ADMINISTRASI DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BARYONS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 676–682. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/12863