STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN LAYANAN MELALUI CROSS-SELLING DAN UP-SELLING OLEH SALES COUNTER DI KANTOR PERWAKILAN JNE EXPRESS HAYAM WURUK

Penulis

  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Angga Satya Gautama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Sri Purnama Pradnyani Universitas Dhyana Pura, Bali, 80361, Indonesia

Kata Kunci:

cross-selling, up-selling, strategi penjualan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan penjualan layanan tambahan melalui penerapan cross-selling dan up-selling oleh sales counter di Kantor Perwakilan JNE Express Hayam Wuruk. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif melalui intervensi terstruktur berupa pelatihan komunikasi persuasif, penyusunan skrip standar, pembuatan media promosi visual, penerapan SOP singkat, serta evaluasi rutin berbasis log penawaran harian. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa seluruh kegiatan utama dapat terealisasi 100%. Staf sales counter menjadi lebih percaya diri dalam menawarkan layanan tambahan, pelanggan lebih memahami manfaat layanan asuransi dan packing, serta terdapat peningkatan konversi pada layanan up-selling, khususnya upgrade ke YES untuk kiriman dengan urgensi tinggi. Media promosi visual dan penggunaan skrip singkat berbasis AIDA+T terbukti efektif dalam meningkatkan kejelasan komunikasi dan mempercepat proses penawaran tanpa menambah waktu antrian.Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi cross-selling (asuransi dan packing) dan up-selling (YES dan JTR) terbukti relevan dengan kebutuhan pelanggan ritel maupun UMKM yang menekankan pada keamanan barang dan ketepatan waktu. Intervensi yang terstruktur tidak hanya meningkatkan kualitas interaksi antara staf dan pelanggan, tetapi juga membuka peluang peningkatan revenue per transaksi serta memperkuat loyalitas pelanggan terhadap layanan JNE Express.

Referensi

Firdaus, E. B. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Gading Kuning Lamongan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Lamongan).

Firdayanti, F., Dhae, Y. K., Kurniawati, M., & Fanggidae, A. H. (2025). Analisis Peran Cross Selling Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Larissa Aesthetic Center Cabang Kupang. Glory Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 6(2), 619-625.

Hertita, D. (2023). Setiap Pebisnis Harus Tahu Promo Upselling Cross-selling Ini!. Elex Media Komputindo.

Mabruroh, F. I. (2022). Efektivitas Strategi Up-Selling Dan Cross-Selling Dalam Pemenuhan Target Penjualan DI Menepi Kitchen Jember. Skripsi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Mendra, N. P. Y., Gautama, A. A. A. S., & Pradnyani, N. L. P. S. P. (2025). STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN LAYANAN MELALUI CROSS-SELLING DAN UP-SELLING OLEH SALES COUNTER DI KANTOR PERWAKILAN JNE EXPRESS HAYAM WURUK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 634–639. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/12856